4 Cara Mengusir Kesepian yang Sering Melanda, Jangan Putus Asa

Ada berbagai ide cara yang bisa kamu lakuin untuk mengusir rasa kesepian yang sering melanda. Bagaimana caranya?

Kesepian biasanya terjadi ketika seseorang tidak memiliki teman atau merasa tersisih dari orang-orang di sekitarnya. Namun perasaan seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Kamu harus tahu cara mengusir kesepian agar hidupmu tetap penuh semangat meski tidak ada teman berbagi.

Sebenarnya memiliki pasangan atau banyak teman tidak menjamin kamu tidak akan merasa kesepian. Perasaan kesepian bisa tiba-tiba datang menyergap tanpa bisa diperkirakan. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang merasakan hal serupa, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengusir rasa sepi yang melanda.

1. Cari Udara Segar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa sepi dalam hati adalah dengan keluar sejenak mencari udara segar. Cara ini mungkin terlihat sepele, tetapi kamu akan merasa lebih nyaman setelah melakukannya. Jika keluar ke halaman rumah tidak cukup mengatasi rasa kesepianmu, kamu bisa pergi ke tempat-tempat baru yang menawarkan suasana alam dan berbeda. Bukankah alam biasanya menawarkan ketenangan?

Cara Mengusir Kesepian (via Sinar Harian)

2. Berolahraga

Selain keluar mencari udara segar, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan terutama yang di luar ruangan, untuk mengusir kesepian, seperti lari pagi, jalan kaki, atau meditasi. Cara ini tidak hanya akan membuat rasa sepi dalam hati pergi, tetapi tubuh kamu juga akan menjadi lebih sehat.

Cara Mengusir Kesepian (via Merdeka.com)

3. Cari Teman Baru

Kalau kamu mulai merasa sepi dalam hidup, coba deh cari teman baru yang sefrekuensi denganmu. Teman baru yang sefrekuensi akan membuatmu lupa dengan rasa sepi yang kamu rasakan. Cari teman sebanyak-banyaknya agar kamu lebih mudah menemukan teman yang tepat. Kamu bisa menemukan teman baru dengan berbagai cara, salah satunya dengan bergabung ke dalam sebuah komunitas yang kamu minati.

Cara Mengusir Kesepian (via student-activity.binus.ac.id)

4. Terima Keadaan

Cara terakhir untuk mengusir kesepian adalah dengan menerima keadaan yang terjadi. Semakin kamu mampu menerima keadaan, maka kamu akan merasa lebih bahagia dan mensyukuri apapun yang terjadi dalam hidupmu.

Cara mengusir kesepian sebenarnya mudah dilakukan, asal kamu mau mencobanya. Hindari menutup diri saat kamu merasa kesepian, karena hal tersebut hanya akan membuatmu makin merasa menderita, bahkan bisa berakhir depresi.

Cara Mengusir Kesepian (via Blog Aksiamal)