Perlu Diwaspadai! 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Oven

Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat agar ovenmu tidak mudah rusak dan tetap awet. Apa saja itu?

Mungkin kamu tidak sadar jika selama ini telah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak oven. Kamu bisa jadi berpikir, bahwa yang kamu lakukan adalah hal biasa dan sering kali merasa tidak akan memberikan dampak signifikan. Namun, kebiasaan yang salah sebenarnya dapat berdampak yang signifikan pada kinerja dan umur panjang oven. Maka dari itu, untuk menjaga oven tetap berfungsi dengan baik, penting untukmu menghindari kebiasaan-kebiasaan seperti di bawah ini.

1. Tidak Membersihkan Secara Rutin

Kebiasaan yang dapat merusak oven dan sering diabaikan adalah ketika kamu tidak membersihkan oven secara teratur. Sisa-sisa makanan yang terbakar dapat menempel pada dinding oven dan menjadi kerak jika tidak langsung dibersihkan. Kumpulan kerak tersebut bukan hanya menjadi susah dibersihkan, tetapi juga bisa menjadi sumber asap, bau, bahkan membahayakan keamanan.

2. Menggunakan Pembersih yang Tidak Sesuai

Kebiasaan yang Dapat Merusak Oven (via Kompas.com)

Kadang ketika membersihkan oven, penggunaan bahan kimia yang tidak tepat dapat merusak permukaannya. Beberapa pembersih kimia yang terlalu keras bisa saja merusak lapisan dalam oven yang mungkin sulit atau bahkan tidak bisa diperbaiki. Jika ingin membersihkan dengan cairan tertentu, kamu bisa menggunakan campuran cuka dan baking soda, dengan busa lembutnya yang aman untuk membersihkan oven.

3. Tidak Menggunakan Alas Panggang

Kebiasaan yang Dapat Merusak Oven (via IDN Times)

Penggunaan alas oven seperti silikon food grade atau kertas roti bisa sangat membantu mencegah tumpahan makanan langsung mengenai bagian dalam oven. Sehingga penggunaan alas ini penting untuk mencegah munculnya noda yang sulit dihilangkan dan bisa memperlambat proses aus di bagian dalam oven.

4. Menggunakan Alas Panggang yang Tidak Tepat

Kebiasaan yang Dapat Merusak Oven (via Kompas.com)

Melapisi lantai oven dengan aluminium foil atau menggunakan wax paper mungkin terdengar aman. Namun sebenarnya, itu dapat menimbulkan risiko serius. Aluminium foil ternyata bisa meleleh dengan cepat dan mengeluarkan zat berbahaya, sedangkan wax paper atau kertas lilin tidak tahan panas dan berpotensi meleleh, bahkan terbakar saat digunakan dalam oven.

5. Mengabaikan Perawatan Rutin

Kebiasaan yang Dapat Merusak Oven (via detikcom)

Hal terakhir adalah jangan mengabaikan rutinitas perawatan, seperti memeriksa kabel listrik, mengontrol suhu, dan memastikan komponen-komponen dapat oven berfungsi dengan baik. Hal-hal sepele ini dapat menyebabkan masalah yang lebih besar pada oven dalam jangka panjang.

Menghindari kebiasaan yang dapat merusak oven ini dapat membantu kamu menjaga oven dalam kondisi yang baik dan memperpanjang umurnya. Jangan lupakan perawatan rutin dan penggunaan yang bijak agar oven tetap berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang lebih lama.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Oven (via iStock)