Mitos atau Fakta: Tumbuh Gigi pada Bayi Bisa Bikin Demam? Ini Kata Ahli

Mitos atau Fakta: Tumbuh Gigi pada Bayi Bisa Bikin Demam? Ini Kata Ahli

Kebanyakan bayi mendapatkan gigi pertamanya sekitar usia 6 bulan, namun bisa juga terjadi pada usia 4 bulan atau paling lambat pada usia 15 bulan. Bahkan beberapa bayi dilahirkan dengan satu atau dua gigi! Kebanyakan balita akan memiliki mulut penuh dengan 20 gigi susu pada saat mereka berusia sekitar dua setengah tahun.

American Academy of Pediatrics mengatakan anak-anak yang sedang tumbuh gigi “sedikit berbeda dengan anak-anak yang tidak tumbuh gigi.” Dengan kata lain, tumbuh gigi seharusnya tidak menjadi gangguan besar pada masa bayi.

Tumbuh gigi dapat menyebabkan nyeri gusi ringan pada bayi, namun hal ini tidak boleh terlalu mengganggu suasana hati atau jadwal rutin mereka.

Beberapa bayi tidak menunjukkan tanda-tanda gigi baru akan tumbuh. Namun, mereka mungkin:

1. Menjadi sedikit lebih mudah tersinggung: Rewel atau cengeng - apa pun sebutannya, mereka bukanlah diri mereka sendiri. Dan mereka mungkin sedikit lebih manja dari biasanya.

2. Memiliki air liur berlebihan

3. Memasukkan apa pun ke mulut: Hati-hati dengan jari-jarimu karena bayi yang baru tumbuh gigi lebih rentan menggerogoti, mengunyah, dan bahkan menggigit apa pun yang ada di mulutnya.

4. Gejala tumbuh gigi cenderung memuncak saat gigi mulai tumbuh, namun akan berkurang saat gigi mulai terlihat. Itu akan memakan waktu sekitar tiga atau empat hari.

Zaskia Adya Mecca galau anaknya demam tinggi saat tumbuh gigi (grid.id)

10 Tanda anak tumbuh gigi (ibupedia.com)

# Mitos Bayi Tumbuh Gigi Akan Alami Demam

Mungkin salah satu mitos paling terkenal yang sering kita dengar setelah memiliki anak adalah bayi yang tumbuh gigi akan mengalami demam. Hal itu tidak hanya tidak benar, namun hal ini juga bisa menjadi kesalahpahaman yang berbahaya.

“Tumbuh gigi tidak menyebabkan demam. Jika bayimu demam, ada hal lain yang sedang terjadi,” ungkap dokter anak Lisa Diard, MD.

Namun masalahnya, kamu mungkin menganggap demam dalam istilah yang berbeda dengan istilah yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan.

Beberapa orang tua cenderung mengira anak mereka menunjukkan demam jika suhu tubuh mereka berada di atas kisaran normal – umumnya sekitar 37 derajat Celcius. Namun penyedia layanan kesehatan mendefinisikan demam sebagai sesuatu yang lebih tinggi dari 38 derajat C.

Tumbuh gigi dapat menyebabkan anakmu memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi dari biasanya, namun masih di bawah ambang batas demam.

Gigi susu bayi (dental.id)

# Demam Menandakan Ada Infeksi Virus atau Bakteri

Demam adalah cara sistem kekebalan tubuh kita menjalankan tugasnya yaitu melawan infeksi. Dan tidak semua demam menjadi alasan untuk khawatir.

Namun Dr. Diard mengatakan kamu harus membawa anak ke dokter jika:

1. Bayimu berusia kurang dari 3 bulan dan menunjukkan demam di atas 38 derajat Celcius.

2. Bayimu yang lebih tua mengalami demam di atas 40 derajat  celcius.

3. Demamnya menetap lebih dari tiga hari atau tidak kunjung turun setelah penggunaan obat penurun demam.

4. Anak sulit untuk dibangunkan.

5. Anak kurang minum atau menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, seperti jarang buang air kecil.