Hampir Serupa, Ternyata Inilah Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet

Nyatanya seringkali orang-orang tidak bisa membedakan es krim, gelato, dan sorbet. Memang, apa saja sih perbedaannya?

Bagi pecinta dessert dan memiliki jam terbang panjang dalam dunia kuliner, pasti sudah mengetahui perbedaan es krim, gelato dan sorbet. Meski sepintas terlihat sama, ternyata es krim, gelato, dan sorbet memiliki perbedaan dari komposisi, tekstur, hingga cara pembuatannya. Yuk, simak apa saja perbedaannya!

Komposisi Bahan

Es krim biasanya terbuat dari campuran susu, krim, gula, dan bisa saja memiliki tambahan telur. Kandungan lemaknya relatif tinggi, sehingga memberikan tekstur yang kaya dan cenderung creamy.

Berbeda dengan es krim, gelato dibuat dari susu, bukan krim. Gelato memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan lebih padat rasa karena tidak begitu banyak mengandung udara saat proses pembuatannya. Maka dari itu lebih terasa kental dan legit.

Di sisi lain, sorbet tidak mengandung produk susu sama sekali. Sorbet terbuat dari campuran air, gula, dan buah-buahan atau sari buah. Berhubung tak ada kandungan susu, sorbet cenderung lebih ringan dan segar.

Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet (via Mister Aladin)

Tekstur dan Konsistensi

Perbedaan es krim, gelato, dan sorbet yang lain terletak pada teksturnya. Tekstur es krim umumnya lebih kaya dan lembut karena kandungan krim yang tinggi. Ini memberikan sensasi lembut dan creamy di lidah.

Kalau gelato memiliki tekstur yang lebih padat dan lembut dibanding es krim, karena memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Meski demikian, gelato terasa lebih kaya rasa.

Sorbet sendiri memiliki tekstur yang lebih mirip dengan es batu yang dihaluskan, lebih ringan dan segar. Konsistensinya lebih padat daripada minuman es, tetapi tidak sekenyal es krim atau gelato.

Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet (via Lakey Banget)

Proses Pembuatan

Es Krim biasanya dibuat dengan mesin yang mengocok campuran susu, krim, gula, dan pemanis lainnya hingga membeku, sedangkan gelato diproduksi dengan menggunakan lebih sedikit udara dan diproses pada suhu yang lebih rendah daripada es krim. Berbeda dengan keduanya, sorbet dibuat dari buah-buahan dicampur dengan gula dan air, kemudian diolah dengan mesin es krim untuk membentuk tekstur yang halus.

Dengan mengetahui perbedaan es krim, gelato, dan sorbet dalam komposisi, tekstur, dan cara pembuatannya, kamu akan bisa memilih mana yang paling sesuai dengan keinginanmu. Di antara ketiganya, mana yang jadi dessert favoritmu?

Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet (via K-Link Indonesia)