3 Cara Mengatasi Masakan yang Terlalu Pedas Biar Nggak Sakit Perut

Kadang ketika kita memasak, masakan yang kita buat terasa terlalu pedas. Namun, itu bisa kita atasi lho. Bagaimana caranya?

Mungkin sebagian orang belum tahu bagaimana cara mengatasi masakan yang terlalu pedas. Padahal kamu bisa kok menambahkan beberapa bahan untuk mengurangi rasa pedas dalam masakan tersebut. Dan tetap bisa menyajikan untuk hidangan keluarga tanpa takut mereka akan sakit perut.

Tenang saja, melakukan kesalahan saat memasak adalah hal wajar kok. Salah satunya bisa terlalu banyak memasukkan cabai ke dalam masakan yang disebutkan tadi. Kalau kamu mengalami hal itu, padahal tak terlalu suka pedas,  berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar masakan kamu tetap bisa disantap dengan nikmat. Apa saja? Yuk, simak baik-baik.

1. Tambahkan Produk Manis

Jika masakan kamu terlalu pedas, kamu bisa menambahkan beberapa produk manis seperti gula, madu, atau kecap manis ke dalam masakan kamu. Faktanya, produk manis mampu menetralkan pedas karena produk manis tersebut dapat menyerap tanpa mengubah rasanya.

Namun, jangan langsung menambahkan produk manis dalam jumlah besar ya. Tambahkan sedikit-sedikit sambil mengkoreksi rasa masakan tersebut. Jangan sampai kemanisan.

Cara Mengatasi Masakan Terlalu Pedas (via Kompas.com)

2. Tambahkan Produk Asam

Selain menambahkan produk manis, kamu juga bisa menambahkan produk asam seperti perasan lemon, jeruk nipis, cuka, tomat, atau buah nanas. Produk-produk asam tersebut dapat menetralkan minyak pedas dan mengurangi rasa pedas dalam masakan.

Cara Mengatasi Masakan Terlalu Pedas (via Tribunnews.com)

3. Tambahkan Produk Susu

Selanjutnya kamu juga bisa menambahkan produk susu seperti susu, krim asam, dan plain yogurt untuk mengatasi masakan yang terlalu pedas. Produk susu dipercaya bisa menetralkan rasa pedas karena mengandung karein yang dapat mengikat minyak penghasil  panas dalam rasa pedas dan menyebarkannya. Dengan begitu, rasa pedas pada masakan akan berkurang.

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara mengarasi masakan yang terlalu pedas. Jadi nggak usah khawatir masakan kamu akan bikin sakit perut.

Cara Mengatasi Masakan Terlalu Pedas (via BP Guide)