KALEIDOSKOP 2023: 8 Konser Musik Paling Disorot di Indonesia, Menyimpan Berbagai Keseruan

9 Konser music yang paling disorot di Indonesia, mulai dari Coldplay, BLACKPINK sampai Dewa 19.

Tahun 2023 bisa dikatakan menjadi tahun kembalinya festival musik dan konser setelah terhenti beberapa tahun karena pandemi. Meski sudah marak sejak tahun lalu, namun tahun 2023 tidak bisa dipungkiri diwarnai banyak jadwal padat konser dan festival musik.

Selain konser musisi lokal, tahun ini juga diramaikan banyaknya konser dari artis internasional. Seiring dengan itu, konser-konser itu juga menjadi perhatian karena berbagai peristiwa yang terjadi. Berikut ini konser musik di Indonesia paling disorot sepanjang 2023!

1. Coldplay

Konser Coldplay yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan pada 15 November menjadi salah satu konser yang paling disorot. Bagaimana tidak, butuh waktu 20 tahun sampai akhirnya Chris Martin cs kembali melangsungkan pertunjukkan di Indonesia.

Selain pertunjukkan yang spektakuler, ada banyak momen seru yang juga tak terlupakan terkait konser tersebut. Mulai dari Chris Martin yang melemparkan pantun, Chris yang berjalan-jalan santai tanpa alas kaki di jalanan Jakarta sampai kasus penipuan tiket konser Coldplay.

Tidak hanya itu saja, setelah melangsungkan konser, Coldplay juga diketahui menyumbangkan sebuah kapal pembersih bernama Neon Moon II untuk Sungai Cisadane, Jawa Barat. Aksi ini dilakukan sebagai wujud kepedulian mereka terhadap lingkungan.

2. Bring Me The Horizon

Konser Coldplay (Instagram)

Konser Bring Me The Horizon (BMTH) yang digelar di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Jakarta Utara, 10 November, berakhir dengan kekacauan. Awalnya, konser berjalan dengan sangat baik sampai akhirnya konser dihentikan secara tiba-tiba karena alasan teknis.

Konser BMTH di Jakarta cuma memainkan 11 lagu dari 19 yang mestinya dibawakan seperti di Bangkok pada 7 November 2023. Penonton yang tidak terima dengan kejadian ini langsung merangsek ke panggung sambil berteriak hingga kabarnya sejumlah benda milik band kena jarah.

Konser BMTH hari kedua di Jakarta pun diumumkan dibatalkan karena masalah di malam pertama. Konser Bring Me The Horizon di Jakarta sungguh sebuah pemandangan kacau di tengah upaya Indonesia meminta-minta kepercayaan dunia untuk menggelar ajang internasional.

3 NOAH

Konser Bring Me The Horizon (CNN Indonesia)

Konser NOAH bertajuk 'The Great Journey of NOAH - The Final Show' yang berlangsung di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta pada 3 Desember juga tidak kalah menarik perhatian. Sebab, puncak konser ini menjadi momentum salam perpisahan dari NOAH pada fansnya.

Dalam konser yang juga dihadiri Presiden Jokowi dan sang istri, Iriana ini, Ariel dkk mengumumkan hiatus di tahun depan. Sayangnya, personel NOAH tidak pernah mengungkap kapan mereka akan kembali. Jadi kini, fans harus menunggu fase hiatus yang jangka waktunya belum bisa ditentukan.

4. Glenn Fredly

Konser NOAH (Musica Studios)

Konser bertajuk 'Glenn Fredly: 25 years of Music' yang digelar di Beach City International Stadium, Ancol pada 24 Juni juga turut menyita perhatian. Ini merupakan konser yang menandai 25 tahun perjalanan karier mendiang penyanyi Glenn Fredly di industri musik.

Dalam konser yang juga dimeriahkan oleh sejumlah musisi seperti Yura Yunita, Dewi Perssik, Rossa, Iwan Fals, Yovie Widianto hingga sang istri, Mutia Ayu ini, Glenn dihadirkan dalam bentuk hologram. Di konser ini juga, wajah Gewa, anak Glenn Fredly dan Mutia Ayu diungkap ke publik.

5. BLACKPINK

Konser Glenn Fredly (Tribunnews)

BLACKPINK sukses menggelar konser selama dua hari berturut-turut di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 11 dan 12 Maret. Keempat membernya yakni Jennie, Jisoo, Lisa dan Rose berhasil mengobati kerinduan para penggemar yang sudah menantikannya.

BLACKPINK pun menjadi girl group Korea pertama yang menggelar konser tunggal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Konser BLACKPINK di Jakarta ini kabarnya dijaga lebih dari 1000 personel gabungan TNI dan Polri.

6. SMTOWN

Konser BLACKPINK (Twitter)

Konser SMTOWN yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada 23 September, juga tidak kalah menjadi sorotan. Hal ini karena, konser yang menampilkan idol-idol asuhan SM Entertainment ini kembali diadakan lagi di Indonesia setelah 11 tahun. 

SMTOWN Jakarta 2023 ini berlangsung selama 4 jam dengan total 41 lagu yang dibawakan para musisi ternama SM Entertainment, termasuk TVXQ!, SUPER JUNIOR, Red Velvet, NCT 127, NCT DREAM, WayV, aespa hingga RIIZE. Kesuksesan konser ini pun turut disorot media Korea.

7. Dewa 19

Konser SMTOWN (Twitter)

Setelah konser sebelumnya yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) berhasil menarik 70 ribu penonton, Dewa 19 kembali membuat sejarah baru bagi mereka setelah melangsungkan konser Dewa 19 All Star Stadium Tour di Stadion Utama GBK pada Agustus 2023. 

Di mana, konser ini menembus penonton di angka 85 ribu. Ahmad Dhani cs membawakan sebanyak 30 lagu, mulai dari album pertamanya sampai karya-karya terakhirnya. Dalam konser ini, Dewa 19 juga memboyong sejumlah vokalis dan musisi jagoan.

Baik dari internal Dewa 19 maupun dari luar seperti Ari Lasso, Tyo Nugros, Ello, Virzha, Sandy Sandoro hingga penyanyi muda Lyodra. Dewa 19 juga menggandeng vokalis Whitesnake, Dino Jelusic, eks gitaris Mr.Big, Richie Kotzen, eks keyboardis Dream Theater, Derek Sherinian hingga eks gitaris Bon Jovi, Phil X.

8. Raisa

Konser Dewa 19 (Instagram)

Konser Raisa di GBK pada 25 Februari lalu juga termasuk yang paling disorot. Sebenarnya, konser ini sudah dijadwalkan pada Juni 2020. Namun karena pandemi COVID-19, konser bertajuk Raisa Live in Concert ini harus tertunda dan baru terlaksana di tahun 2023 ini. Dalam konser yang berlangsung selama dua jam ini, Raisa membawakan sebanyak 26 lagu. Kabarnya, total ada 42 ribu penonton yang hadir menyaksikan pertunjukan Raisa.

Konser Raisa (LPPL eRKS FM)