KALEIDOSKOP 2023: 10 Lagu Paling Viral Di Media Sosial Khususnya TikTok Dari Musisi Indonesia

10 Lagu paling viral di media sosial, dari Mahalini, Ghea Indrawari sampai Nadhif Basalamah.

Di tahun 2023, industri musik Tanah Air mengalami banyak perubahan. Sempat vakum saat masa pandemi, 2023 seolah jadi tahun kembalinya para musisi untuk menyalurkan bakat-bakat dan keresahan mereka dalam sebuah lagu. Kini tahun 2023 sudah hampir mencapai ujungnya. 

Sepanjang tahun, banyak lagu yang viral di media sosial, khususnya di aplikasi TikTok. Lagu itu menjadi perhatian setelah banyak dipakai netizen untuk konten videonya. Lantas apa saja lagu paling viral di media sosial sepanjang 2023 itu? Simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

1. Sial - Mahalini 

Pada Januari 2023, Mahalini merilis lagu baru berjudul Sial. Single ini bak jadi soundtrack yang paling sering muncul di fyp TikTok tahun 2023 ini. Kekuatan lirik dan performa vokal menawan dari Mahalini membuat lagu ini kerap ditempelkan dalam video-video viral.

2. Cuma Saya - M.A.C

Musisi muda asal Papua, Music Anak Coment (M.A.C) langsung menyita perhatian setelah lagunya bertajuk Cuma Saya ramai di TikTok. Lagu M.A.C pun ikut disoroti Presiden sampai akhirnya mereka diajak untuk jadi bintang tamu dan penampil spesial di Istana Merdeka, Jakarta.

3. Mengenang Bintang - Sherina Munaf 

Pada Agustus 2023, Sherina Munaf dan Derby Romero merilis lagu bertajuk Mengenang. Single itu jadi salah satu original (OST) film Petualangan Sherina 2. Lagu yang diciptakan Sherina ini merupakan pengembangan dari lagu Bintang Bintang yang ditulis almarhum Elfa Secioria dan Mira Lesmana.

4. Malam Pagi - Saixse

Mahalini (Instagram)

Banyak dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan lagu berjudul Malam Pagi. Diketahui, lagu yang dibawakan penyanyi asal Malaysia, Saixse itu banyak dipakai sebagai backsound konten. Lagu ini semakin viral setelah digunakan Fuji untuk kontennya.

5. Jiwa Yang Bersedih - Ghea Indrawari 

Ghea Indrawari juga mewarnai dunia tarik suara Tanah Air lewat lagunya Jiwa Yang Bersedih. Suara akustik jernih dengan iringan vokal Ghea Indrawari membuat lagu Jiwa yang Bersedih terasa lebih mendalam. Tak heran kalau lagu ini banyak digandrungi.

6. Tak Segampang Itu - Anggi Marito

Lagu Tak Segampang Itu dari Anggi Marito terbilang sangat mudah ditemukan di media sosial. Lagu ini seakan cocok buat konten-konten sedih karena patah hati. Di mana, mereka diminta untuk melupakan kekasih dan mencari penggantinya.

7. Rayuan Perempuan Gila - Nadin Amizah

Saixse (Instagram)

Nadin juga berhasil menempatkan satu lagunya dalam daftar lagu paling viral. Hal ini tidak mengherankan sebab lagu Rayuan Perempuan Gila begitu menempel di telinga penikmat musik Indonesia. Seiring dengan viralnya lagu ini, lahir istilah 'cegil' atau cewek gila yang menggambarkan kegilaan wanita saat mengejar cintanya.

8. Satu-Satu - Idgitaf 

Penulisan lirik kuat yang dilakukan Idgitaf membawa lagu Satu-Satu menjadi salah satu lagu viral di tahun 2023. Lagu dari Idgitaf ini semakin ramai usai sering digunakan sebagai backsound video di TikTok untuk mewakili perasaan para kreatornya. 

9. Penjaga Hati - Nadhif Basalamah 

Sosok Nadhif Basalamah mungkin jarang ada yang kenal. Sebab, Nadhif kerap merilis lagunya dengan bahasa Inggris. Namun setelah kemunculannya dengan lagu berbahasa Indonesia berjudul Penjaga Hati, penyanyi yang sudah berkarier sejak 2018 lalu itu berhasil menduduki puncak teratas tangga lagu.

10. Bersamamu - Jaz

Pada Juni lalu, Jaz merilis singke terbarunya bertajuk Bersamamu. Single dari penyanyi kebangsaan Brunei Darussalam tersebut menjadi viral di media sosial karena banyak netizen yang menggunakannya saat memperlihatkan kebersamaannya bersama orang terkasih.

Nadin Amizah (Instagram)