8 Kolaborasi Musisi Indonesia Paling Memikat Hati Sepanjang 2023, Ada Yang Raih Banyak Penghargaan

8 Kolaborasi musisi yang paling memikat sepanjang 2023, salah satunya Weird Genius dengan Lyodra, Tiara dan Ziva.

Hanya tinggal menghitung hari, tahun 2023 akan segera berakhir. Jika diingat di sepanjang tahun ini, ada banyak sekali momen-momen yang begitu mengejutkan di dunia musik Indonesia. Salah satunya terkait dengan kolaborasi dari para musisi Indonesia.

Di mana, ada musisi-musisi yang secara tidak terduga muncul dengan kolaborasi yang epik. Menariknya, kolaborasi itu pun diapresiasi dan mendapat penghargaan di berbagai ajang penghargaan musik. Lantas apa saja kolaborasi musisi paling memikat di tahun 2023? Berikut daftarnya!

1. BCL - Diskoria - Laleilmanino (Badai Telah Berlalu)

Secara tidak terduga, solois wanita Bunga Citra Lestari melakukan kolaborasi dengan duo musisi yang juga komposer, Diskoria serta segrup pecipta lagu, laleilmanino yang digawangi Aditya Ramadhya, Ilman Ibrahim dan Anindyo Baskoro.

Musisi-musisi berbakat itu merilis lagu kolaborasi berjudul Badai Telah Berlalu pada 20 Januari 2023. Saat berita ini ditulis, video klip lagu tersebut sudah ditonton sampai 9,4 juta. Lagu Badai Telah Berlalu juga meraih banyak penghargaan.

Lagu dari BCL, Diskoria dan laleilmanino itu memenangkan tiga kategori sekaligus di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2023 yakni Penata Musik Pop Terbaik, Karya Produksi Terbaik Terbaik dan Produser Rekaman Terbaik. 

Diskoria, Laleilmanino, dan BCL semula memaksudkan Badai Telah Berlalu sebagai anthem akhir pandemi. Namun, lagu itu juga bisa memiliki banyak pemaknaan sesuai pendengarnya masing-masing. Lagu ini bahkan jadi tembang pengiring di momen pernikahan BCL dengan Tiko Aryawardhana.

2. Yovie Widianto - Lyodra - Tiara Andini - Ziva Magnolya (Menyesal)

BCL-Diskoria-Laleilmanino (Instagram)

Komposer Yovie Widianto secara tidak terduga merilis sebuah maha karya terbaru yang melibatkan penyanyi muda bertalenta luar biasa yang tengah naik daun yakni Lyodra, Tiara Andini dan Ziva Magnolya tepat pada pukul 00.00 WIB di tanggal 3 Maret 2023 lalu.

Karya ini pun membuat publik terpukau, mengingat ketiga penyanyi jebolan ajang Indonesian Idol itu digadang-gadang sebagai Tiga Diva muda yang juga sering disebut The Super Girls. Ketiganya juga selalu berhasil membuat hits lagu yang memukau para penggemarnya. 

Yovie pun berhasil menyatukan ketiganya. Yovie Widianto menggaet Lyodra, Tiara dan Ziva untuk berkolaborasi membawakan lagu remake diciptaannya berjudul Menyesal yang telah di populerkan sebelumnya oleh Ressa Herlambang di tahun 2008. 

Segera setelah dirilis, video klip Menyesal langsung menjadi trending satu di YouTube dengan jumlah penonton sebanyak satu juta penonton. Tak hanya itu, lagu ini juga mendapat penghargaan sebagai Karya Produksi Kolaborasi Terbaik di AMI Awards 2023.

3. Weird Genius - Lyodra - Tiara Andini - Ziva Magnolya 

Yovie Widianto - Lyodra - Tiara Andini - Ziva Magnolya (Instagram)

Selain berkolaborasi dengan Yovie Widianto, Lyodra, Tiara Andini dan Ziva Magnolya juga membuat publik terkejut setelah merilis lagu kolaborasi dengan Weird Genius. Grup musik dengan aliran EDM itu menggandeng ketiganya dalam lagu Glorious The Remix.

Pada akhir Oktober 2023, lagu ini pun resmi dinobatkan FIFA sebagai lagu resmi untuk Piala Dunia U-17 di Indonesia. Awalnya, Glorious akan dijadikan lagu untuk Piala Dunia U-20 2023 yang batal di Indonesia. Tapi akhirnya, lagu ini dipilih menjadi lagu resmi Piala Dunia U-17 2023 dengan aransemen baru. 

FIFA kemudian menyebutkan bahwa lagu Glorious yang dirilis pada 3 November 2023 itu sudah ditonton sampai 1,6 juta kali di YouTube dan 3,5 juta kali diputar dalam aplikasi Spotify. Ini menjadikan Glorious sebagai lagu FIFA Sound yang paling banyak diputar sepanjang tahun ini.

Weird Genius menyebut Glorious mencerminkan energi yang dinamis dari bakat-bakat muda seluruh dunia. Sekilas mengenai komposisi musik dan tempo, lagu ini berbeda dengan lagu Glorious yang dirilis pada 12 Mei 2023, yang kemudian menjadi lagu resmi Piala Dunia U-20 di Argentina.

4. Andi Rianto - Lyodra (Sang Dewi)

Weird Genius - Lyodra - Tiara Andini - Ziva Magnolya (Instagram)

Lyodra sendiri juga pernah membuat penggemarnya heboh setelah digandeng komposer ternama, Andi Riyanto membawakan lagu Sang Dewi. Di mana, lagu Sang Dewi adalah lagu yang dinyanyikan oleh Titi DJ pada tahun 2001. Saat itu, lagu ini masuk ke dalam album bertajuk Menyanyikan Kembali.

Video klip lagu ini pun sudah ditonton sampai 49 juta kali, sementara official lyric videonya yang diunggah di kanal YouTube Lyodra Official sudah ditonton sampai 75 juta kali. Terbaru, lagu Sang Dewi, kolaborasi Lyodra dan Andi Rianto ini mendapat penghargaan Karya Produksi Re-Aransemen Terbaik di AMI Awards 2023.

5. Raisa - Ahmad Dhani (Biar Menjadi Kenangan)

Lyodra - Andi Rianto (Instagram)

Kolaborasi berikutnya yang tidak kalah memikat datang dari Raisa dan Ahmad Dhani. Musisi berbeda genre ini tiba-tiba merilis lagu kolaborasi Biar Menjadi Kenangan pada 8 Juni 2023. Sebelum dirilis, Raisa dan Dhani membuat fans terkejut saat membawakan lagu ini di konser 51 Tahun Kerajaan Cinta Ahmad Dhani.

Dalam pertunjukkan yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu, 28 Mei 2023 itu, Raisa tiba-tiba muncul sebagai bintang tamu. Penampilan mereka pun mendapat sambutan meriah dari para penonton yang memenuhi venue.

Lagu Biar Menjadi Kenangan ini sendiri merupakan ciptaan Ahmad Dhani. Lagu ini pertama kali dipopulerkan oleh Reza Artamevia dan Masaki Ueda dan masuk dalam album bertajuk Keabadian milik Reza yang beredar di tahun 2000. 

Kolaborasi ini pun mencetak kesuksesan. Terbukti, lagu Biar Menjadi Kenangan dari Raisa dan Ahmad Dhani ini memenangkan penghargaan Karya Produksi Re-Aransemen Terbaik di AMI Awards 2023 dan sempat masuk dalam nominasi Collaboration of the Year di IMA Awards 2023.

6. Elsya - Aan Story (Trauma)

Raisa - Ahmad Dhani (Instagram)

Lagu Trauma yang merupakan kolaborasi Aan Story dan Elysa langsung mencuri perhatian publik khususnya para pengguna TikTok tidak lama setelah dirilis. Video klip lagu sendu yang diciptakan Aan bersama Prilly Latuconsina ini bahkan sudah ditonton sampai 40 juta kali di YouTube.

Lagu yang bercerita tentang sejoli yang berpisah meski keduanya masih saling menyayangi ini, viral setelah banyak dipakai sebagai backsound untuk konten. Terbaru, lagu Trauma mendapat piala dari IMA Awards 2023 untuk kategori Collaboration Of The Year.

7. Suara Kayu - Feby Putri (Kembali Pulang) 

Elsya - Aan Story (Instagram)

Duo indie, Suara Kayu dan Feby Putri juga termasuk dalam daftar kolaborasi paling memikat sepanjang 2023. Kedua musisi merilis lagu berjudul Kembali Pulang yang menjadi soundtrack untuk film Jalan Jauh Jangan Lupa Pulang yang dibintangi Sheila Dara hingga Jerome Kurnia.

Di YouTube, video klip lagu Kembali Pulang sudah ditonton sampai 7,6 juta kali. Lagu ini pun mendapat apresiasi menakjubkan. Di mana, lagu Kembali Pulang mendapat penghargaan untuk kategori Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik di AMI Awards 2023.

8. Stevan Pasaribu - Shanna Shannon (Haunting)

Suara Kayu - Feby Putri (Instagram)

Dua penyanyi ballad yang lagu-lagunya viral di TikTok yakni Stevan Pasaribu dan Shanna Shannon menyita perhatian setelah merilis single kolaborasi mereka berjudul Haunting. Ini juga jadi kali pertama bagi kedua label musik besar di Indonesia yaitu Trinity Optima Production dan Musica Studio’s bekerja sama menyatukan dua penyanyinya.

Lagu Haunting ini sendiri merupakan karya ciptaan dari musisi kenamaan tanah air, Melly Goeslaw. Saat artikel ini ditulis, video klip lagu Haunting sudah ditonton sampai 13 juta kali. Sampai saat ini, lagu Haunting masih terus dipakai pengguna TikTok sebagai backsound untuk konten galau mereka.

Stevan Pasaribu - Shanna Shannon (Instagram)