5 Drama Korea Populer Yang Dituduh Plagiat, Terbaru The Story of Park’s Marriage Contract

5 Drama Korea yang diterpa tuduhan plagiat, terbaru The Story of Park’s Marriage Contract.

Isu plagiat dalam industri perfilman merupakan salah satu masalah yang cukup sensitif. Sebab jika terbukti plagiat, berarti mereka sudah melakukan pelanggaran terkait hak cipta dari karya mirik orang lain. Hal ini juga bisa melibatkan masalah hukum.

Drama Korea menjadi salah satu tontonan yang kerap berkaitan dengan aksi plagiarisme. Tercatat ada sejumlah drama Korea yang pernah dituding mencuri hak cipta. Apa saja drama Korea yang dituduh plagiat itu? Berikut penjelasannya.  

1. Alchemy of Souls

Drama Alchemy of Souls yang dibintangi Lee Jae Wook dan Go Yoon Jung ini pernah dianggap sebagai tiruan drama China berjudul Ever Night. Kesamaan ini terlihat dari hubungan karakter utama pria dan wanita yang digambarkan sebagai tuan dan pelayan.

Karakter utama wanita dalam drama Korea Alchemy of Souls dan drama Cina Ever Night juga diceritakan sama-sama memiliki identitas rahasia. Selain itu, netizen juga melihat karakter utama pria di dua drama itu pun punya kelemahan yang sama.

Di mana roh mereka ditahan sehingga membatasi kemampuan khususnya. Meski punya banyak kesamaan, tapi tim produksi drama Alchemy of Souls tidak pernah memberikan penjelasan terkait dugaan plagiat dari drama China Ever Night tersebut.

2. Squid Game

Drama Alchemy of Souls dan Ever Night (Berbagai Sumber)

Saat pertama kali ditayangkan, Squid Game disebut mirip dengan film Jepang, As The Gods Will yang dirilis pada 2014. Hal ini karena plot kedua pertunjukkan tersebut sama-sama mengangkat tema pertandingan survival death. 

Kedua karya itu juga sama-sama menggunakan permainan pada masa kanak-kanak. Selain itu, netizen juga menyoroti kesamaan dalam filmografi seperti bidikan close-up kepala boneka raksasa dan adegan jam hitung mundur.

3. My Love From the Star

Drama Squid Game dan Film As The Gods Will (Berbagai Sumber)

Drama populer yang menampilkan Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun sebagai pemain utamanya ini pernah dituduh plagiat salah satu karya komikus populer, Kang Kyung Ok berjudul Seolhee. Di awal penayangan, Kyung Ok mengklaim cerita drama itu mirip dengan cerita komik yang dibuatnya.

Sayangnya, curhatan yang diposting di blognya tersebut sama sekali tidak mendapat respon dari pihak yang bersangkutan. Hingga akhirnya, Kang Kyung Ok mengambil tindakan untuk menggugat HB Entertainment, selaku rumah produksi. Tapi kabarnya, gugatan itu tidak berlanjut ke pengadilan.

4. Black Knight

Karya Komikus Kang Kyung Ok dan Drama My Love From The Star (Berbagai Sumber)

Drama Black Knight pernah dituduh plagiarisme dari games Death Stranding yang dirilis 2019. Hal ini karena kedua karya tersebut sama-sama bercerita tentang kurir di dunia yang sudah hancur. Tapi tuduhan itu sudah dibantah oleh tim produksi drama Black Knight.

Merilis pernyataan resmi, tim produksi menjelaskan Black Knight diproduksi berdasarkan cerita Webtoon dengan judul yang sama ditulis oleh Lee Yun Kyun pada 2016 lalu. Namun sampai saat ini, masih belum diungkap ke publik tentang ide dan cerita games Death Stranding.

5. The Story of Park's Marriage Contract

Drama Black Knight dan Death Stranding (Berbagai Sumber)

Terbaru, drama The Story of Park's Marriage Contract diterpa isu plagiarisme setelah seorang desainer terkenal, Hwang Yi Seol muncul dan menuduh pihak produksi menggunakan desain mereka tanpa izin. CEO Hanbok Leesle ini juga mengunggah video yang menunjukkan dugaan plagiat itu di akun Instagramnya.

Dalam video tersebut, Yi Seol memperlihatkan berbagai klip desain hanbok yang ditampilkan dalam drama Korea The Story of Park's Marriage Contract dan menunjukkan perbandingan berdampingan dengan desainnya sendiri yang ditampilkan di Milan Fashion Week.

Terkait hal ini, Akun resmi Hanbok Leesle mengungkapkan bahwa pihak produksi drama The Story of Park's Marriage Contract telah meminta maaf dengan sopan. Mereka menyebutkan bahwa ada kesalahan komunikasi. Pihak produksi pun akan mengutip sumbernya secara jelas.

Drama The Story of Park's Marriage Contract Plagiat Desainer (Berbagai Sumber)