Jangan Sembarangan! Yuk Kenali 4 Dampak Waxing Rambut Kemaluan Wanita

Kamu harus mengenali terlebih dahulu apa saja dampak waxing rambut kemaluan wanita agar kamu tidak menyesal setelah melakukannya.

Sebagian wanita memilih untuk mencukur rambut kemaluan karena dirasa mengganggu. Tapi jangan sembarangan ya. Kamu harus mengenali terlebih dahulu apa saja dampak waxing rambut kemaluan wanita agar kamu tidak menyesal setelah melakukannya.

Sebagai informasi, mencukur rambut kemaluan memang memiliki beberapa manfaat, yakni seperti mengangkat sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, menghindari iritasi kulit, dan rambut kemaluan jadi lebih lembut. Nah, buat kamu yang punya rencana mencukur rambut kemaluan, yuk kenali dulu apa saja dampak setelahnya.

1. Kemerahan

Mengutip laman HelloSehat, waxing rambut kemaluan bisa menyebabkan kemerahan pada vagina. Kemerahan ini umumnya terjadi setelah waxing dan akan hilang dengan sendirinya selama 24 jam.

Biasanya setelah waxing, petugas kesehatan akan memberikan lotion khusus yang bisa meredakan kemerahan. Meski demikian, lotion tersebut terkadang juga bisa menimbulkan rasa perih saat digunakan. Jadi jangan kaget ya.

2. Peradangan

Dampak Waxing Rambut Kemaluan Wanita (via Grid)

Selain kemerahan, mencukur rambut kemaluan juga bisa menimbulkan peradangan pada folikel rambut yang disebut dengan folikulitis. Kondisi ini ditandai dengan benjolan merah berukuran kecil pada area vagina. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, namun rasa gatal dan sakit yang ditimbulkan terkadang membuat tidak nyaman.

3. Rambut Tumbuh ke Dalam

Dampak Waxing Rambut Kemaluan Wanita (via Grid)

Dampak selanjutnya dari waxing rambut kemaluan adalah adanya rambut yang tumbuh ke dalam atau bisa disebut dengan ingrown hair. Kondisi ini terjadi karena proses menarik kulit dengan kencang saat waxing. Ingrown hair ini bisa lebih banyak terjadi pada wanita dengan berat badan berlebih yang sering mencukur rambut kemaluan.

4. Infeksi

Dampak Waxing Rambut Kemaluan Wanita (via Suara)

Terakhir, dampak dari waxing rambut kemaluan adalah terjadi infeks. Kondisi ini biasanya terjadi jika waxing tidak dilakukan dengan benar dan menggunakan alat yang tidak sehat. Ketika seseorang melakukan waxing rambut kemaluan dan mengalami luka pada bibir vagina, kemungkinan kuman penyebab infeksi akan masuk melalui kulit dan menimbulkan rasa sakit.

Nah, itu tadi beberapa dampak waxing rambut kemaluan wanita yang wajib diketahui. Untuk waxing yang lebih aman, sebaiknya kunjungi profesional dan jangan lakukan sendiri di rumah.

Dampak Waxing Rambut Kemaluan Wanita (via Okezone)