6 Tips Menata Peralatan Baking Jadi Teratur dan Memudahkan

Kamu bisa menata peralatan bakingmu dengan baik, untuk mengurangi kejadian barang hilang dan mempermudah juga. Bagaimana ya tipsnya?

Menata peralatan baking dan merapikan di tempatnya adalah kunci utama untuk memudahkanmu menghasilkan kue-kue lezat dan menggugah selera. Menyusun peralatan baking dengan baik bukan hanya membantu menjaga kebersihan dan keteraturan, tetapi membantumu menemukan letak cetakan ataupun peralatan baking yang sedang kamu butuhkan tanpa perlu pusing mencari apalagi keselip entah ke mana.

Kalau kamu sekarang ternyata masih kesusahan ketika mencari peralatan bakingmu atau sering kehilangan barang bakingmu padahal di rumah sendiri, kamu bisa banget ikuti beberapa tips ini untuk menata peralatan bakingmu dengan rapi. Simak baik-baik ya!

1. Kelompokkan Berdasarkan Fungsi

Menata peralatan baking bisa dimulai dengan mengelompokkan peralatan sesuai fungsinya. Kamu bisa pisahkan alat-alat untuk mencampur, mengukur, dan memanggang. Dengan cara ini akan memudahkan saat kamu sedang beraksi di dapur.

2. Gunakan Wadah Transparan

Tips Menata Peralatan Baking (via Cariproperti)

Selanjutnya, kamu bisa simpan peralatan dalam wadah-wadah transparan atau keranjang terbuka agar kamu bisa melihat dengan jelas apa yang ada di dalamnya. Bila perlu, tambahkan label pada tempat penyimpanan transparanmu. Ini akan meminimalisir kebingungan saat mencari alat yang dibutuhkan, sehingga memudahkanmu ketika sedang memasak kue atau roti.

3. Susun Berdasarkan Frekuensi Penggunaan

Tips Menata Peralatan Baking (via Jurnal DuniaMasak.com)

Letakkan peralatan yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Misalnya, spatula, mixer, atau cetakan kue yang selalu kamu pakai. Kamu juga bisa menata tempat untuk meletakkan alat-alat ini di rak yang berdekatan atau area khusus berisi perlengkapan untuk membuat kue.

4. Rapikan Kabel Elektronik

Tips Menata Peralatan Baking (via Kumala Home and Kitchen)

Agar dapurmu tetap aman dan rapi, pastikan kabel dari peralatan elektronik seperti mixer atau oven tertata dengan baik. Kamu bisa menggunakan karet gelang atau penjepit kabel agar tidak berantakan dan meletakannya di tempat sendiri sehingga tidak mengganggumu ketika mencari barang lain.

5. Bersihkan Setelah Digunakan

Tips Menata Peralatan Baking (via KOMPAS.com)

Jangan biarkan peralatan kotor bertumpuk setelah digunakan. Segera bersihkan dan susun kembali ke tempatnya masing-masing agar selalu siap digunakan dan mudah mencarinya di lain waktu. Ini juga akan membantu mencegah kerusakan dan menjaga kebersihan alat-alat tersebut.

6. Manfaatkan Ruang dengan Bijak

Tips Menata Peralatan Baking (via Tribunnews.com)

Jika ruang penyimpananmu terbatas, manfaatkan setiap sudut dengan cerdas. Gunakan organizer atau rak tambahan untuk mengoptimalkan ruang penyimpananmu. Apalagi sudah banyak tipe dan fungsi rak atau organizer yang terjual di pasaran, sehingga kamu bisa menemukan yang sesuai seleramu.

Dengan mengikuti tips menata peralatan baking dengan baik, proses memasak akan menjadi lebih menyenangkan dan terorganisir. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan peralatan agar tetap awet dan siap digunakan setiap saat. Semoga bermanfaat untuk kamu yang gemar berkreasi di dapur!

Tips Menata Peralatan Baking (via Diadona.id)