4 Kebiasaan yang Bikin Meja Kerja dan Mood Kamu jadi Berantakan, Nyadar Nggak?

Kebersihan meja adalah hal penting, karena bisa memengaruhi mood selama bekerja. Lantas, tahukah kamu apa saja kebiasaan yang bisa bikin meja berantakan?

Bagi sebagian orang, meja kerja adalah penentu kenyamanan untuk menghabiskan waktu dengan segudang pekerjaan yang harus diselesaikan. Sayangnya, seringkali seseorang memiliki sejumlah kebiasaan yang bikin meja kerja berantakan dan akhirnya bikin semangat kerja juga menurun. Padahal semangat kerja termasuk hal krusial yang sangat memengaruhi produktivitas seseorang, bahkan mungkin juga kamu dan kita semua.

Kalau kamu ingin menjaga mood tetap baik saat bekerja, beberapa kebiasaan berikut ini wajib kamu hilangkan agar meja kerja kamu senantiasa rapi dan produktivitas kerjamu juga meningkat. Apa saja? Simak dan aplikasikan ya!

1. Memajang Mainan atau Hiasan

Mungkin sebagian orang merasa kalau memajang mainan atau hiasan kesukaannya di meja kerja akan membuatnya lebih bersemangat lagi. Namun tahu nggak sih, mainan atau hiasan memang menarik diletakkan di atas meja kerja, sayangnya kebiasaan ini membuat meja kamu terlihat tidak rapi dan kamu jadi tidak terlihat profesional. Bahkan kamu bisa dianggap belum dewasa oleh sebagian orang atau atasanmu, sehingga tidak akan diberikan proyek penting atau promosi jabatan.

2. Memasang Poster Kata-Kata Motivasi

Kebiasaan yang Bikin Meja Berantakan (via Wiroto Craft)

Menempel poster bertuliskan semangat atau kata-kata motivasi di meja kerja mungkin akan membuat moodmu membaik dan harapannya bisa meningkatkan gairah untuk produktif. Namun, jangan sampai menempelnya terlalu banyak ya. Sebab, poster-poster tersebut hanya akan membuat meja kerjamu berantakan dan sesak, karena penuh dengan berbagai tempelan di sana-sini.

3. Sticky Notes yang Berantakan

Kebiasaan yang Bikin Meja Berantakan (via IDN Times)

Selain poster, kebiasaan menempel sticky notes secara sembarangan juga akan membuat meja kerja kamu tampak berantakan dan penuh. Jika kamu merasa membutuhkan sticky notes untuk membantu pekerjaanmu, sebaiknya tempel sticky notes di satu sisi meja agar terlihat lebih rapi. Selain itu, kamu juga bisa menempel sticky notes sesuai dengan keperluan atau target yang perlu kamu perhatikan, entah itu seperti to do list hari itu atau target mingguan. Lalu jika sudah selesai kamu bisa melepas dan menggantikannya dengan sticky notes baru berisi targetmu selanjutnya.

4. Tidak Mengembalikan Benda ke Tempatnya

Kebiasaan yang Bikin Meja Berantakan (via Percetakan Ku)

Apakah kamu sering mengambil barang seperti penggaris, pulpen, atau gunting, tetapi tidak dikembalikan ke tempatnya semula? Wah, ini bisa menjadi kebiasaan yang bikin meja kerja kamu berantakan lho. Jika kamu sering melakukan kebiasaan tersebut, maka nggak cuma mejamu yang berantakan, tetapi barang-barangmu juga bisa mudah hilang karena entah terselip dan kamu lupa meletakannya di mana.

Sebaiknya kamu perbaiki kebiasaan ini secara perlahan, bisa saja kamu memulainya dari barang-barang kecil yang rutin kamu tata dengan rapi dan meletakannya sesuai tempat. Bukankah perubahan yang baik harus dimulai dari tindakan kecil yang dilakukan secara konsisten?

Baiklah, itu tadi beberapa kebiasaan yang bikin meja kerja berantakan dan harus segera kamu perbaiki di kehidupan sehari-harimu, sehingga produktivitas kerjamu juga semakin meningkat. Jangan lupa, hias meja kerjamu seperlunya agar tetap terlihat rapi dan profesional. Semoga sukses!

Kebiasaan yang Bikin Meja Berantakan (via Kompasiana.com)