4 Wisata Edukasi di Bogor yang Cocok Untuk Outdoor Learning, Yuk Belajar dari Alam!

Belajar bisa di mana saja, termasuk belajar dari alam yang baik untuk anak-anak. Kira-kira di mana saja wisata edukasi di Bogor yang cocok untuk outdoor learning?

Selain terkenal dengan Istana Bogor, ternyata ada juga sejumlah tempat outdoor learning di Bogor yang ramah anak dan cocok banget untuk belajar dari alam. Tempat-tempat ini juga bisa dijadikan tujuan liburan akhir pekan bersama keluarga.

Bogor memang memiliki berbagai pilihan wisata, mulai dari alam hingga objek wisata edukatif. Seperti kebun, museum, hingga agrowisata. Lantas, wisata edukasi apa saja yang ramah anak dan bisa kamu kunjungi bersama keluarga di akhir pekan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Devoyage

Rekomendasi wisata edukasi pertama di Bogor adalah Devoyage. Tempat yang berlokasi di Jl. Bogor Nirwana Residence, Jalan Indigo Raya, Mulyaharja, Bogor Selatan, Bogor ini anak-anak bisa melihat berbagai macam miniatur bangunan-bangunan di Eropa, seperti Menara Eiffel, Kincir Angin, juga kanal dengan perahu seperti di Venice, Italia. Semuanya bisa ditemukan di Devoyage tanpa perlu jauh-jauh terbang ke Eropa.

2. Kebun Raya Bogor

Outdoor Learning di Bogor (via Travel Kompas)

Selain Devoyage, ada Kebun Raya Bogor yang juga merupakan salah satu tempat wisata edukasi di kota hujan tersebut. Di sini, anak-anak bisa menikmati udara sejuk juga melihat dan memberi makan rusa yang ada di halaman istana. Selain itu, di sini anak-anak juga bisa mengenal berbagai jenis tumbuhan dan hewan lho.

3. Taman Safari Bogor

Outdoor Learning di Bogor (via POPMAMA.com)

Terakhir, ada Taman Safari Bogor yang nggak kalah seru dari tempat wisata edukasi sebelumnya. Di sini, para pengunjung bisa berinteraksi dan mengamati hewan yang ada di sana. Anak-anak juga bisa memberi makan hewan secara langsung, tetapi dengan catatan tidak boleh turun dari mobil atau bus taman safari. Itu karena hewan-hewan di sini tidak berada di dalam kandang, tetapi di lepaskan layaknya di alam liar.

4. Kampung Budaya Sindang Barang

Outdoor Learning di Bogor (via Travel Kompas)

Kampung Budaya Sindang Barang merupakan sebuah destinasi budaya yang kaya akan tradisi dan kearifan lokal yang terletak di Desa Sindang Barang, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kampung ini memiliki keunikan tersendiri yang menawarkan pengalaman wisata yang memadukan keindahan alam, kebudayaan, dan kerajinan tangan tradisional.

Selain kearifan budayanya, kampung ini juga menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Pemandangan hijau, sawah terasering, dan udara yang segar menambah pesona tempat ini. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil belajar lebih dalam tentang budaya lokal.

Barusan adalah beberapa tempat yang bisa dijadikan outdoor learning di Bogor yang cocok banget untuk liburan akhir pekan dan belajar dari alam. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke sana?

Outdoor Learning di Bogor (via POPMAMA)