4 Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Tubuh, Emang Ada?

Makanan tinggi lemak seringkali dianggap petaka oleh beberapa orang. Namun ada kok makanan tinggi lemak yang baik untuk tubuh. Tahukah kamu?

Seperti yang kita tahu, makanan tinggi lemak sering dianggap tidak baik untuk kesehatan. Namun, berbeda dengan makanan tinggi lemak yang baik untuk tubuh berikut. Makanan-makanan ini justru dianjurkan karena memberikan dampak yang positif bagi kesehatan.

Sebagai informasi, tidak semua lemak bersifat buruk. Ada juga jenis lemak baik yang disebut dengan high density lipoprotein (HDL) yang dibutuhkan tubuh. Lalu, makanan apa saja sih yang mengandung HDL yang tinggi dan aman untuk tubuh? Mengutip laman Halodoc, berikut adalah daftarnya.

1. Alpukat

Makanan berlemak pertama yang baik untuk tubuh adalah alpukat. Lemak yang terkandung dalam buah bertekstur lembut ini merupakan jenis lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Bahkan buah ini juga merupakan sumber kalium dan serat yang baik yang dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Telur

Makanan Tinggi Lemak (via detikcom)

Kamu sering membuang bagian kuning telur karena dianggap adalah bagian yang berlemak? Perlu diketahui bahwa kuning telur tidak seutuhnya mengandung lemak. Jika kamu mengonsumsi telur secara utuh, maka kamu bisa mendapatkan zat kolin dan vitamin B dalam sekali telan. Kedua zat tersebut tentu saja sangaat penting untuk otak dan menjaga kesehatan jantung.

3. Ikan

Makanan Tinggi Lemak (via noDokter)

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa mengonsumsi ikan dapat memberikan banyak manfaat. Terlebih ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan mackerel yang mengandung banyak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan menjaga fungsi otak tetap maksimal.

4. Keju

Makanan Tinggi Lemak (via Alodokter)

Hampir semua orang suka mengonsumsi keju. Bukan hanya karena rasanya yang enak, ternyata keju juga memiliki banyak kandungan baik, seperti protein, vitamin B12, kalsium, dan lemak baik yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Itu dia beberapa makanan tinggi lemak yang baik untuk tubuh. Jadi nggak semua lemak itu jahat ya, selamat mencoba dan salam sehat!

Makanan Tinggi Lemak (via Tokopedia)