Awas Rusak! Ini 4 Produk Skincare yang Jangan Disimpan di Kulkas

Ada beberapa produk skincare yang tidak boleh disimpan di kulkas, karena bisa saja merusak kandungannya. Apakah kamu tahu apa saja?

Memang ada beberapa tips menyimpan skincare yang mungkin dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas agar lebih awet? Sayangnya, tidak semua skincare bisa diperlakukan sama. Ada sejumlah produk skincare yang nggak boleh disimpan di kulkas karena justru bisa merusak skincare.

Jika kamu selama ini suka menyimpan semua produk skincare kamu di kulkas, coba cek deh. Jangan-jangan skincare berikut ini juga ikut kamu simpan dalam lemari pendingin. Simak baik-baik ya!

1. Skincare Berbahan Dasar Minyak

Skincare berbahan dasar minyak memang sebaiknya tidak kamu simpan di dalam kulkas. Itu karena jika menyimpannya di dalam kulkas hanya akan membuatnya beku atau mengeras, sehingga tidak bisa digunakan. Hal ini juga berlaku untuk produk dengan bahan dasar shea butter ya.

2. Skincare Berbahan Dasar Clay

Tips Menyimpan Skincare (via Femina)

Umumnya produk skincare dengan bahan dasar clay biasaa kamu temukan pada masker wajah. Produk dengan bahan dasar clay memang sebaiknya tidak disimpan dalam lemari es, sebab dapat mengubah warna dan konsistensinya. Tidak hanya itu, tekstur masker juga akan berubah menjadi keras, sehingga ketika kamu akan kesulitan saat ingin memakainya.

3. Oil Serum

Tips Menyimpan Skincare (via Tribunnews)

Serum wajah memang dianjurkan untuk disimpan dalam kulkas agar kandungannya lebih tahan lama. Namun, untuk oil serum sebaiknya kamu simpan dalam suhu ruang, ya. Jika kamu simpan dalam lemari es, maka kandungan minyak dalam serum tersebut akan mudah menggumpal saat terkena suhu dingin. Selain itu, suhu dingin juga akan memengaruhi daya serap serum.

4. Skincare Berbentuk Balm

Tips Menyimpan Skincare (via iStock)

Tidak hanya cair, terkadang produk skincare juga hadir dalam bentuk balm. Perlu diketahui, produk skincare jenis balm biasanya gampang diaplikasikan, karena balm memiliki sifat mudah meleleh jika bersentuhan dengan kulit, seperti lip balm atau cleansing balm. Namun kalau kamu menyimpannya di dalam kulkas, maka konsistensinya akan mengeras sehingga tidak bisa digunakan.

Nah, itu tadi beberapa tips menyimpan skincare, terutama yang nggak boleh disimpan di kulkas. Jangan sampai salah ya!

Tips Menyimpan Skincare (via Alodokter)