Sudah Proses Syuting! 4 Drama Korea Ini Batal Tayang Karena Terlalu Banyak Kontroversi

4 Drama Korea yang batal ditayangkan lantara banyak kontroversi, salah satunya.

Tidak semua drama Korea (K-Drama) mendulang kesuksesan. Di balik itu, ternyata ada K-Drama yang bernasib kurang beruntung. Bagaimana tidak, drama Korea itu sudah melakukan proses syuting namun terpaksa batal tayang.

Bahkan ada yang dihentikan penayangannya di televisi. Ada berbagai alasan yang memicu hal tersebut mulai dari kontroversi sejarah hingga konflik internal. Lantas apa saja drama Korea yang batal tayang tersebut? Berikut penjelasannya!

1. School 2020

Di tahun 2020 lalu, KBS2 memutuskan untuk membatalkan penayangan drama School 2020. Hal ini karena adanya kontroversi soal pemeran utamanya. Awalnya, Ahn Seo Hyun didapuk sebagai karakter utama bersama Kim Yo Han WEi.

Namun beredar kabar yang menyebut posisi Seo Hyun itu digantikan oleh Kim Sae Ron. Terkait hal ini, ayah Ahn Seo Hyun tidak terima dan merasa putrinya diperlakukan secara tidak adil. Apalagi, pihak Seo Hyun sudah menerima tawatan ini sejak Mei 2019 lalu.

Selain itu, tim produksi drama School 2020 pun sudah berganti sebanyak tiga kali. Alhasil, drama School 2020 dibatalkan. Tapi karena masih punya Kim Yohan sebagai pemeran utama pria, mereka mengubah naskah, merekrut pemeran baru dan membuat drama baru School 2021.

2. Joseon Exorcist

Ahn Seo Hyun - Kim Yo Han - Kim Sae Ron (Berbagai Sumber)

Pada tahun 2021, SBS menghentikan penayangan drama Joseon Exorcist di televisi setelah merilis dua episode. Penyebabnya karena publik menilai apa yang ditampilkan dalam drama bergenre fantasi sejarah itu melenceng dari sejarah Korea.

Salah satu alat peraga dan peristiwa bersejarahnya dianggap tidak akurat hingga akhirnya memicu ketegangan antara Korea Selatan dan Tiongkok. Pihak pengiklan pun mulai menarik diri dari kerjasama dengan drama Korea yang dibintangi Jang Dong Yoon tersebut.

Selain itu, publik juga membuat petisi untuk memberhentikan drama ini karena membuat penontonnya tidak nyaman. SBS pun memenuhi keinginan pemirsa. Meskipun dramanya sudah selesai 80 persen, Joseon Exorcist tetap dibatalkan.

3. Four Sons

Drama Joseon Exorcist (Kompas)

Four Sons merupakan salah satu drama yang dinantikan karena alur ceritanya yang menarik. Tapi sayangnya, drama yang sudah mulai syuting sejak 2018 ini diputuskan untuk batal ditayangkan karena masalah internal yang terjadi.

Di mana, perusahaan produksi mulai memberikan permintaan yang tidak masuk akal dan tidak membayar anggota staf. Akibat hal ini, para pemain utama yakni Park Hae Jin dan Nana serta sutradara memutuskan untuk sama-sama keluar dari drama itu.

Para pemain utama mengatakan bahwa mereka sudah tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk hal yang tidak pasti. Akhirnya, Four Sons dihapuskan dan cuplikan dramanya diubah menjadi serial web enam episode Genesis tiga tahun kemudian.

4. Prometheus

Park Hae Jin dan Nana, Pemain Drama Four Son (Dreamers)

Drama yang dibintangi Ha Ji Won, Jin Goo dan Park Ki Woong ini dijadwalkan tayang di MBC pada pertengahan 2019. Namun Ha Ji Won memutuskan untuk hengkang dari drama tersebut. Agensi menyebut sang aktris mundur karena jadwal syuting yang bertabrakan.

Terlebih, jadwal syuting Prometheus terus mundur dari jadwal yang sudah disepakati. Selain itu, juga beredar kabar produksi drama ini bermasalah karena tak kunjung memiliki sutradara. Akhirnya, drama Korea Prometheus pun batal diproduksi.

Aktor Yang Seharusnya Jadi Pemain Drama Prometheus (Berbagai Sumber)