4 Ciri-Ciri Boros Belanja Pakaian, Apakah Kamu Termasuk?

Belanja memang bisa menjadi cara untuk membahagiakan diri, tetapi jangan sampai kamu terlalu boros. Apakah kamu juga termasuk?

Memasuki zaman belanja online seperti saat ini, terkadang membuat seseorang tidak menyadari bahwa termasuk ciri-ciri orang yang boros belanja pakaian. Bagaimana tidak, kemudahan belanja dalam genggaman membuat orang begitu mudah membeli baju baru saat ada diskon besar,  meski nggak terlalu butuh.

Jika kamu merasa selama ini suka beli baju tanpa melihat dari segi kebutuhan dan pikir panjang. Coba cek beberapa ciri berikut ini, mungkin saja kamu sudah pada tahap boros saat berbelanja pakaian. Cermati baik-baik ya!

1. Selalu Punya Baju Trend Terbaru

Ciri pertama kamu sudah boros belanja pakaian adalah kamu selalu punya baju dengan trend terbaru. Bagaimana tidak? Kamu merasa harus berbelanja pakaian setiap ada trend baju yang baru saja keluar. Padahal, baju trend sebelumnya masih bagus jika dikenakan.

Biasanya orang-orang seperti terpengaruh oleh media sosial atau ada tekanan sosial, istilahnya fomo (fear of missing out). Oleh karena itu, jika ketika mereka tidak mengikuti trend terbaru, mereka akan stres dan merasa tertinggal.

Orang dengan kecenderungan seperti ini biasanya tidak ragu mengeluarkan tanpa berpikir panjang, nggak peduli ngutang dulu atau minta bayarin orang lain. Makanya, harus hati-hati jika punya ciri seperti ini ya.

2. Membeli Tetapi Tidak Terpakai

Ciri-Ciri Boros Belanja Pakaian (via expertexpro.com)

Kedua, jika kamu selalu membeli pakaian tetapi baju yang kamu beli hanya menumpuk di dalam lemari tanpa pernah kamu pakai, artinya kamu sudah melakukan pemborosan. Belanja baju baru memang nggak salah, tapi kalau kamu terlalu sering berbelanja dan menyebabkan keuangan jadi memburuk dan baju juga terus menumpuk, sebaiknya jangan diteruskan ya.

3. Lupa Barang yang Dimiliki

Ciri-Ciri Boros Belanja Pakaian (via Dream.co.id)

Pernah nggak sih kamu lupa punya baju yang seperti apa saja? Wah, itu bisa jadi tanda-tanda kalau kamu sudah boros dalam belanja pakaian lho. Sebab, orang yang terlalu banyak belanja, biasanya tidak selalu mengingat barang apa saja yang sudah dia beli dan miliki.

4. Lemari Pakaian Penuh

Ciri-Ciri Boros Belanja Pakaian (via Grid.ID)

Kalau lemari pakaian kamu penuh sesak dengan baju-baju, itu artinya kamu sudah boros banget dalam hal belanja pakaian. Lemari yang penuh biasanya berisi pakaian yang jarang digunakan, bahkan tidak pernah digunakan. Hal ini bisa menandakan, bahwa kamu sudah melakukan pembelian secara impulsig atau tanpa pertimbangan yang matang.

Itu adalah beberapa ciri-ciri boros belanja pakaian yang perlu kamu perhatikan dengan saksama. Kira-kira kamu salah satunya nggak? Jika iya, kamu harus mulai mengurangi intensitas belanja pakaianmu ya!

Ciri-Ciri Boros Belanja Pakaian (via Alodokter)