Wajib Dihindari! Ini 4 Makanan Penghambat Program Kehamilan

Ada berbagai makanan yang sebaiknya kamu hindari ketika hendak melakukan program hamil. Apa saja kah itu?

Mengonsumsi makanan yang sehat saat tengah merencanakan kehamilan tentu diperbolehkan. Namun, kamu harus tahu kalau ternyata ada makanan penghambat program hamil, bahkan bisa menurunkan gairah seks. Maka dari itu, makanan-makanan tersebut wajib dihindari.

Tidak cuma istri, jika sedang merencanakan program hamil, suami juga perlu menghindari makanan-makanan penghambat program hamil ini. Lantas, makanan apa saja yang dimaksud? Menurut laman Hellosehat, berikut adalah daftarnya.

1. Ikan Tinggi Merkuri

Ikan memang dianjurkan untuk dikonsumsi demi kesehatan tubuh. Namun sayangnya, tidak semua ikan bisa dikonsumsi dan baik untuk program hamil. Ikan dengan kadar merkuri tinggi, seperti ikan todak, hiu, dan tuna mata besar sebaiknya tidak dikonsumsi jika kamu sedang merencanakan program kehamilan.

Pada pria, paparan merkuri yang tinggi dapat merusak DNA sperma serta menyebabkan kelainan pada bentuk dan pergerakan sperma. Sementara untuk para wanita, merkuri dapat mengganggu menstruasi sehingga sulit untuk hamil.

2. Daging Merah Olahan

Makanan Penghambat Program Hamil (via Grid.ID)

Selain ikan tinggi merkuri, daging merah olahan juga sebaiknya tidak dikonsumsi jika kamu sedang merencanakan kehamilan. Sebab, daging merah olahan seperti sosis, burger, dan bacon dapat membuat kualitas sperma pria menjadi lebih buruk.

3. Karbohidrat Sederhana

Makanan Penghambat Program Hamil (via detikcom)

Selanjutnya, karbohidrat sederhana juga dapat mengganggu program hamil. Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang mudah dicerna. Makanan karbohidrat sederhana biasanya memiliki indeks glikemik rendah, yakni seperti nasi putih dan roti tawar putih. Nah, makanan-makanan tersebut umumnya dapat meningkatkan risiko kesuburan rendah pada wanita.

4. Makanan Mentah

Makanan Penghambat Program Hamil (via CNN Indonesia)

Jika kamu sedang menjalani program hamil sebaiknya hindari konsumsi makanan mentah, seperti sushi, tiram, atau daging yang tidak matang sempurna. Sebab, makanan-makanan tersebut bisa meningkat infeksi bakteri berbahaya, menurunkan peluang kehamilan, meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan juga bayi lahir kondisi meninggal.

Itu adalah beberapa makanan penghambat program hamil yang sebaiknya kamu dan pasangan hindari. Akan tetapi, tetaplah konsumsi makanan-makanan sehat lainnya untuk menunjang program kehamilanmu terutama yang bergizi seimbang dan lengkap. Semoga sukses ya!

Makanan Penghambat Program Hamil (via www.kamasushica.com)