5 Gejala Endometriosis yang Perlu Kamu Ketahui

Kram perut merupakan salah satu dari gejala endomet­riosis yang umum terjadi. Apa lagi gejala yang harus diwaspadai?

Apakah kamu sering mengalami nyeri atau kram perut saat menstruasi? Kram perut merupakan salah satu dari gejala endomet­riosis yang umum terjadi. Endometriosis adalah gangguan yang dapat memengaruhi kesehatan reproduksi hingga dapat menyebabkan masalah ketidaksuburan.

Karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda endometriosis agar dapat membantumu untuk mencari bantuan medis lebih awal. Berikut ini adalah gejala umum endometriosis yang perlu kamu ketahui:

1. Munculnya Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh

Salah satu tanda paling umum gejala endometriosis adalah nyeri panggul yang serius. Kamu mungkin merasakan nyeri selama menstruasi atau di luar siklus menstruasi. Nyeri ini bisa berupa kram pelvis yang hebat atau rasa sakit yang tumpul. Selain itu, nyeri juga muncul di beberapa bagian atau saat melakukan aktivitas tertentu, antara lain:

·         Nyeri saat berhubungan seksual

·         Rasa sakit saat buang air kecil maupun besar karena masalah di sekitar usus dan kandung kemih

·         Nyeri punggung bawah terkait dengan siklus menstruasi yang kurang lancar.

·         Kram perut yang hebat selama menstruasi

2. Perubahan Siklus Menstruasi

Gejala Endometriosis (via Siloam Hospitals)

Kamu mungkin mengalami perubahan dalam siklus menstruasi, seperti menstruasi yang lebih lama, lebih berat, atau tidak teratur. Terkadang, kamu juga bisa mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.

3. Infertilitas

Gejala Endometriosis (via Alodokter)

Salah satu ciri endometriosis yang serius adalah kesulitan untuk hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut yang memengaruhi fungsi organ reproduksi. Pasalnya, penyakit ini dapat merusak jaringan ovarium dan saluran tuba, menghambat kemampuan sel telur untuk mencapai uterus dan bertemu dengan sperma.

4. Gangguan Pencernaan

Gejala Endometriosis (via Alodokter)

Endometriosis dapat memengaruhi organ-organ di sekitar rahim, termasuk usus dan kandung kemih. Selain menyebabkan rasa sakit saat buang air, penyakit ini juga dapat menyebabkan gejala seperti diare, sembelit, atau hingga masalah kronis lainnya terkait pencernaan.

5. Perubahan Fisik yang Signifikan

Gejala Endometriosis (via Alodokter)

Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga mengakibatkan penurunan berat badan yang signifikan akibat peradangan kronis dan rasa sakit yang terkait. Gejala endometriosis yang kronis dan nyeri dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental yang signifikan.

Mengetahui ciri-ciri endometriosis adalah langkah awal yang penting untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Jika kamu mengalami beberapa dari ciri-ciri ini, segera bicarakan dengan profesional medis untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut dan rencana perawatan yang sesuai.

Gejala Endometriosis (via KlikDokter)