7 Hal yang Harus Dihindari Ketika Sudah Bertunangan

Ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika sudah bertunangan agar hubungan tetap langgeng dengan pasangan.

Untuk menjaga langgengnya hubungan dengan pasangan, ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika sudah bertunangan. Ketika sudah bertunangan, hubunganmu akan dianggap lebih serius karena menuju jenjang pernikahan, dan bukan lagi hubungan main-main. Sehingga, tahap ini juga membawa berbagai tanggung jawab dan ekspektasi yang perlu kamu pertimbangkan dengan bijak. Untuk menjaga hubunganmu tetap baik, perhatikan beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari ketika sudah bertunangan berikut ini:

1. Membandingkan Pasanganmu dengan Orang Lain

Membanding-bandingkan adalah salah satu sikap yang perlu dihindari ketika sudah bertunangan. Karena kamu sudah memilihnya, maka perbandingan semacam itu hanya akan menciptakan ketidakamanan dalam hubungan. Fokuslah pada kelebihan pasanganmu dan berusaha membangun koneksi yang lebih kuat.

2. Tidak Mendengarkan Pasanganmu

Hal yang Harus Dihindari Setelah Bertunangan (via Alodokter)

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan yang sehat. Salah satu kesalahan yang perlu kamu hindari adalah tidak mendengarkan pasanganmu dengan baik. Cobalah untuk benar-benar memahami perasaan dan pandangannya, dan jangan terlalu sibuk dengan diri sendiri.

3. Membangun Kedekatan dengan Pria/Wanita Lain

Hal yang Harus Dihindari Setelah Bertunangan (via Indonesiana)

Selanjutnya, yang dihindari ketika sudah bertunangan tentu saja kedekatan dengan pria lain. Proses pertunangan, berarti mengikrarkan hubungan kalian menjadi lebih serius menuju jenjang pernikahan. Karena itu, jangan memulai konflik dalam hubungan. Batasi kedekatanmu dengan lawan jenis supaya tidak muncul kecemburuan dari pasanganmu.

4. Merasa Selalu Benar

Hal yang Harus Dihindari Setelah Bertunangan (via Hypeabis)

Merasa selalu benar juga merupakan sikap yang harus dihindari ketika sudah bertunangan. Terkadang, kamu mungkin membuat kesalahan atau memiliki pandangan sendiri, terutama jika menyangkut persiapan pernikahan. Kamu perlu memahami bahwa hubungan ini dibangun oleh dua orang, sehingga tidak boleh merasa diri selalu benar.

5. Mengabaikan Teman dan Keluarga

Hal yang Harus Dihindari Setelah Bertunangan (via Kumparan)

Ketika sudah bertunangan, ada baiknya kamu tidak mengabaikan teman-teman dan keluargamu. Menjaga hubungan dengan mereka juga penting, dan kamu tidak boleh melupakan mereka hanya karena sudah memiliki pasangan. Jangan sampai hubunganmu dengan teman dan keluarga merenggang.

6. Tidak Memberikan Privasi pada Pasangan

Hal yang Harus Dihindari Setelah Bertunangan (via Digdaya Mediatama)

Privasi dalam hubungan tetap penting. Jangan terlalu bersikap posesif atau terlalu ingin tahu setiap detail kehidupan pasanganmu. Berikan ruang bagi mereka untuk menjalani kehidupan mereka sendiri.

7. Tidak Berkomitmen pada Hubungan

Hal yang Harus Dihindari Setelah Bertunangan (via Tirto)

Terakhir, yang harus kamu hindari adalah tidak memiliki komitmen pada hubunganmu. Jika kamu dan pasanganmu telah membuat kesepakatan atau komitmen tertentu, penting untuk mematuhinya. Dengan begitu akan terbangun kepercayaan dan kualitas hubungan yang lebih baik.

Bertunangan adalah tahap penting dalam perjalanan menuju pernikahan, dan menjauhi hal-hal yang dihindari ketika sudah bertunangan di atas akan membantumu dan pasangan menjalani proses ini dengan lebih lancar dan penuh kebahagiaan. Ingatlah bahwa persiapan pernikahan adalah tentang membangun dasar yang kuat untuk masa depan bersama, bukan sekadar acara besar satu kali dalam hidupmu.

Hal yang Harus Dihindari Setelah Bertunangan (via Diadona)