5 Makanan yang Nggak Boleh Disimpan dalam Kulkas, Sudah Tahu Belum?

Ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulkas lho. Makanan apa saja itu?

Lemari es atau biasa disebut dengan kulkas memang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tidak cepat membusuk. Namun, tahu nggak sih kalau ternyata ada sejumlah makanan yang nggak boleh disimpan dalam kulkas?

Ternyata, jika disimpan di dalam kulkas, makanan-makanan ini  justru akan kehilangan nutrisi dan kadar gizinya. Lantas, makanan apa saja sih yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas? Mengutip laman Hellosehat, berikut daftarnya.

1. Kentang dan Ubi

Makanan pertama yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas adalah kentang dan ubi. Kedua makanan tersebut jika terkena udara dingin dan lembab, tekstur dan rasanya akan berubah. Teksturnya yang lembut akan berubah menjadi keras, sementara rasanya akan menjadi manis menyengat.

Maka dari itu, sebaiknya simpan kentang dan ubi di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinat matahari langsung. Jangan juga menyimpan kedua makanan tersebut ke dalam kantong plastik kedap udara, karena hanya akan mempercepat proses pembusukan.

2. Bawang Bombai

Makanan dalam Kulkas (via Pexels)

Selain kentang dan ubi, bawang bombai juga nggak boleh disimpan dalam kulkas lho. Sebab, suhu dingin dan lembab dalam kulkas akan menyebabkan bawang bombai menjadi lembek, kusam, dan berjamur. Sebaiknya, simpan bawang bombai di tempat kering yang tidak terpapar sinar matahari, agar teksturnya tetap renyah dan aroma khasnya terjaga.

3. Tomat

Makanan dalam Kulkas (via iStock)

Sebagian orang mungkin berpikir jika tomat disimpan dalam kulkas pasti terjaga kesegarannya. Ternyata anggapan tersebut justru. Jika tomat disimpan dalam kulkas, justru membuatnya lembek, kusam, dan rasanya menjadi hambar. Lebih baik, simpan tomat di tempat kering dengan sirkulasi udara yang baik, sehingga tomat tidak mudah busuk.

4. Roti

Makanan dalam Kulkas (via iStock)

Terakhir, roti yang juga nggak boleh disimpan di dalam kulkas. Memang roti yang disimpan dalam kulkas mungkin bisa mencegah jamur, tetapi roti akan menjadi kering dan teksturnya kasar. Lebih baik, simpan roti dalam wadah kedap udara dengan waktu penyimpanan paling lama tiga hari.

5. Kopi

Kopi dingin memang nikmat diminum saat udara sedang gerah. Namun waspada dengan cara penyimpanannya. Menempatkan kopi, baik dalam bentuk bubuk maupun cairan, dalam lemari pendingin kurang disarankan. Alasannya, kopi dalam kulkas dapat membuatnya menyerap aroma dan kelembapan lainnya. Lebih baik disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan gelap.

Itu dia beberapa makanan yang nggak boleh disimpan dalam kulkas. Mulai sekarang pilahlah dulu makanan sesuai dengan tempat penyimpannya agar tidak merusak makanan atau minuman di dalam lemari pendingin. Selamat mencoba!

Makanan dalam Kulkas (via iStock)