3 Dampak Buruk Sering Telat Makan, Jangan Anggap Sepele!

Tahu nggak sih bahwa ada sejumlah dampak buruk sering telat makan yang harus diwaspadai. Apa saja? Cari tahu di sini yuk!

Kesibukan terkadang membuat kita lupa segalanya, termasuk lupa makan. Padahal ada sejumlah dampak buruk sering telat makan yang harus diwaspadai. Melewatkan jam makan sesekali karena kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan mungkin masih bisa ditoleransi. Tapi kalau sudah menjadi kebiasaan, lebih baik segera berhenti dari kebiasaan tersebut deh. Sebab jika terus dibiarkan, lama-kelamaan bisa membahayakan kesehatan kita sendiri lho. Berikut ini beberapa dampak buruk yang wajib kamu ketahui.

1. Penyakit Lambung

Dampak buruk pertama jika kamu sering telat makan adalah munculnya penyakit lambung. Hal ini terjadi karena lambung mengalami luka karena jam makan yang tidak teratur. Luka ini akan semakin parah karena adanya cairan lambung yang ada pada mukosa lambung. Penyakit lambung ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti rasa nyeri di ulu hati atau mual.

Dampak Buruk Sering Telat Makan (via Suara)

2. Kurang Produktif

Selain bisa menimbulkan penyakit lambung, sering telat makan juga akan membuatmu kurang produktif. Sebab kamu jadi mudah mengantuk dan tubuhmu jadi mudah lelah. Bahkan kamu juga bisa mengalami gejala sakit kepala karena telat makan lho. Hal tersebut terjadi karena otak mengalami kekurangan pasokan glukosa. Pasokan glukosa ini penting untuk mengatur memori, konsentrasi, dan kinerja mental.

Dampak Buruk Sering Telat Makan (via Liputan6)

3. Metabolisme Tubuh Terganggu

Dampak buruk selanjutnya jika kamu sering telat makan adalah metobolisme tubuh yang terganggu. Perlu diketahui bahwa metabolisme tubuh berperan penting dalam pembakaran kalori dalam tubuh untuk diubah menjadi energi.

Jika kamu telat makan, maka proses metabolisme tersebut akan terganggu. Sehingga kamu akan merasa lemas, tidak bertenaga, dan kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Demikian beberapa dampak  buruk sering telat makan yang harus kamu waspadai. Mulai sekarang, meski sibuk tetap sempatkan diri untuk makan agar kebutuhan nutrisi untuk tubuhmu tetap terjaga.

Dampak Buruk Sering Telat Makan (via Beautynesia)