4 Negara Eropa yang Bisa Dikunjungi tanpa Visa Bagi Pelancong Asal Indonesia

Negara-negara di Eropa sekarang ini berlomba agar negaranya bisa dikunjungi tanpa visa. Di mana saja? Simak ulasannya berikut ini!

Siapa bilang liburan ke Eropa sulit dan mahal? Kabar baiknya, negara-negara di Eropa sekarang ini berlomba agar negaranya bisa dikunjungi tanpa visa. Cara ini ternyata merupakan salah satu magnet bagi para pelancong yang ingin menjelajahi suatu negara, karena kemudahan ini menjadi pilihan utama saat merencanakan perjalanan.

Karenanya, siapapun bakal punya kesempatan untuk menikmati nuansa khas daratan Eropa yang terkenal itu. Sejauh ini ada empat negara yang bisa dikunjungi tanpa perlu mengurus visa bagi kamu pelancong asal Indonesia. Mana saja? Berikut informasinya:

1. Serbia

Serbia adalah negara yang berbatasan dengan beberapa negara di Eropa. Dengan ibu kota di Beograd, Serbia memiliki banyak daya tarik wisata historis yang menarik. Bagi wisatawan Indonesia, tidak diperlukan visa untuk masuk ke Serbia dengan masa tinggal maksimal selama 30 hari. Dokumen yang dibutuhkan adalah tiket perjalanan dan paspor.

2. Azerbaijan

Negara Eropa yang Bisa Dikunjungi tanpa Visa (via Lonely Planet)

Azerbaijan juga merupakan destinasi wisata menarik di Eropa yang bisa dikunjungi tanpa visa untuk masuk. Meskipun secara geografis terletak di perbatasan antara Eropa dan Asia Barat, negara ini memfasilitasi wisatawan dengan Visa on Arrival (VoA) yang berlaku selama 30 hari bagi warga asing yang ingin mengunjungi Baku, ibu kotanya.

3. Turki

Negara Eropa yang Bisa Dikunjungi tanpa Visa (via Tribunnews)

Turki, yang baru-baru ini mengubah nama internasionalnya dari Turkey menjadi Turkiye, adalah negara yang memiliki sejumlah situs bersejarahnya dan daya tarik kuliner. Ada pula wisata petualangan unik seperti naik balon udara di Cappadocia yang dibuka bagi wisatawan. Nggak perlu pusing lagi, kamu dapat berkunjung ke Turki tanpa visa selama 30 hari, memungkinkan untuk menikmati berbagai pengalaman wisata yang ditawarkan.

4. Belarusia

Negara Eropa yang Bisa Dikunjungi tanpa Visa (via Tirto)

Belarusia, negara Eropa Timur dengan ibu kota Minsk, memberikan fasilitas visa-free bagi wisatawan dengan syarat tertentu. Wisatawan yang datang harus memenuhi persyaratan seperti kedatangan melalui Bkamura Internasional Minsk, tidak terbang dari atau ke Rusia, memiliki tiket pulang dalam waktu 30 hari, serta asuransi perjalanan yang mencakup jumlah tertentu.

Sebagai informasi, wilayah ini juga memiliki hutan yang luas sehingga memberikan pemandangan alami yang mengesankan. Selain itu, pariwisata juga menjadi sektor yang semakin berkembang, terutama dengan kekayaan budaya dan sejarahnya yang beragam.

Wah, liburan akhir tahu jadi lebih mudah dan berkesan, nih! Kunjungan tanpa visa ke negara-negara Eropa ini memberikan kesempatan untuk menjelajahi kekayaan budaya, sejarah, serta keindahan alam yang luar biasa tanpa harus khawatir dengan proses perizinan. Pastikan untuk selalu memeriksa persyaratan terbaru di negara yang bisa dikunjungi tanpa visa sebelum pergi, karena aturan bisa berubah sewaktu-waktu.

Negara Eropa yang Bisa Dikunjungi tanpa Visa (via Dream)