Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Merawat Sepeda Listrik Agar Performa Terjaga

Tidak hanya menggunakannya saja, kita juga perlu merawat sepeda listrik agar performa terjaga. Bagaimana ya caranya?

Tidak seperti sepeda biasa, perawatan sepeda listrik memang sedikit berbeda. Sepeda listrik menggunakan baterai yang harus dijaga kebersihannya, agar awet dan tetap bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Saat ini sepeda listrik merupakan salah satu transportasi yang banyak digemari, terutama oleh kalangan ibu rumah tangga yang sering bepergian dalam jarak dekat. Bagaimana tidak, sepeda listrik memiliki bentuk yang lebih ringan dan ramah lingkungan, karena bahan bakarnya tidak menggunakan bensin. Jika kamu punya sepeda listrik di rumah, berikut beberapa tips merawat sepeda listrik agar tetap awet dan nggak cepat rusak.

1. Jaga Tekanan Ban

Tips pertama agar sepeda listrikmu awet adalah dengan selalu menjaga tekanan bannya. Semakin kurang tekanan udara dalam ban, maka sepeda akan semakin berat bergerak dan sulit dikendalikan. Maka dari itu, pastikan tekanan udara dalam ban selalu dalam kondisi cukup, agar sepeda tidak cepat rusak dan pengereman juga jadi lebih baik.

2. Pastikan Mur dan Baut Terpasang Baik

Tips Merawat Sepeda Listrik (via Kompas Otomotif)

Selain memastikan tekanan udara dalam ban, jangan lupa untuk selalu memastikan mur dan baut sepeda terpasang dengan baik. Sebab, bobot tambahan pada sepeda listrik dan guncangan selama penggunaan bisa menyebabkan mur dan baut melonggar.

3. Lakukan Perawatan Berkala

Tips Merawat Sepeda Listrik (via e-Rides)

Selalu lakukan perawatan pada sepeda listrikmu secara berkala. Pastikan kamu menjaga kondisi setiap fitur, mulai dari sistem pengereman, gigi dan rantai, roda, serta kabel. Dengan begitu sepedamu dapat lebih terawat.

4. Jaga Kondisi Koneksi dan Baterai

Tips Merawat Sepeda Listrik (via momotor.id)

Selanjutnya, pastikan kebersihan koneksi baterai secara teratur agar sepeda listrimu terhindar dari kerusakan yang fatal. Kamu bisa membersihkan koneksi bateraimu dengan menggunakan kain kering. Jangan lupa juga untuk selalu mengisi daya tepat waktu sebelum baterai benar-benar habis, agar sepeda bisa lebih tahan lama.

Itu tadi beberapa tips perawatan sepeda listrik agar performa tetap terjaga dan kamu bisa memakainya dalam kurun waktu yang lama. Sudah siap berkendara hari ini?

Tips Merawat Sepeda Listrik (via Genio)