Jalan Kaki Setelah Makan Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan, Apa Manfaat?

Jalan Kaki Setelah Makan Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan, Apa Manfaat?

Kita sering mendengar tentang banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik dan mental. Tapi sayangnya, belum banyak yang tahu bahwa jalan kaki setelah makan jauh lebih bagus. 

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan dapat meningkatkan kesehatan dalam beberapa cara. Misalnya, jalan kaki singkat setelah makan bisa menjadi kunci untuk menurunkan gula darah.

Tidak dapat disangkal bahwa berjalan kaki kapan saja bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda. Ini dapat membuat Anda tetap aktif, meningkatkan suasana hati, dan bahkan membantu Anda hidup lebih lama. Tapi berjalan kaki setelah makan bisa memaksimalkan manfaat tersebut.

Manfaat jalan kaki setelah makan (visural.republika.co.id)

# Manfaat Berjalan Kaki Setelah Makan

Berikut adalah beberapa manfaat utama berjalan kaki setelah makan yang perlu kamu tahu:

1. Membantu pencernaan

Berjalan-jalan setelah makan adalah hal yang bagus! Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa berjalan kaki setelah makan mempercepat proses pencernaan. 

Orang dewasa dengan riwayat perut kembung berjalan selama 10 hingga 15 menit setelah makan. Setelah 4 minggu, mereka melaporkan lebih sedikit masalah gastrointestinal (GI), seperti bersendawa, perut kembung, dan kembung. Jalan kaki setelah makan ternyata lebih efektif dibandingkan obat-obatan yang melancarkan pencernaan.

2. Mengontrol gula darah

Salah satu manfaat terbesar dari jalan kaki setelah makan adalah dapat menurunkan gula darah. Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa orang dewasa sehat yang berjalan kaki setelah makan memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Berjalan baik telah terbukti meningkatkan sirkulasi, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa jalan kaki selama 10 menit setiap hari mengurangi tekanan darah pada pria muda yang berisiko hipertensi. Berjalan-jalan setelah makan dapat membantu mengatur tekanan darah Anda.

Dalam penelitian kecil lainnya, jalan kaki singkat setiap hari menurunkan trigliserida pasca makan pada wanita lanjut usia yang tidak aktif. Trigliserida adalah bentuk lemak yang beredar di dalam darah. Trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

4 Mendukung berat badan yang sehat

Jalan kaki setelah makan bagus untuk menjaga kadar gula darah (grid.id)

Jalan kaki dapat mendukung penurunan berat badan yang sehat dan pengelolaan berat badan. Aktivitas aerobik berdampak rendah membakar kalori, yang dapat membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Tidak ada bukti bahwa berjalan kaki setelah makan membakar lebih banyak kalori. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki singkat mungkin lebih baik untuk menurunkan berat badan daripada satu sesi berjalan terus menerus.

Yuk, aktif bergerak setelah makan untuk mendapatkan manfaat di atas!

Jalan kaki setelah makan dapat menjaga berat badan tetap ideal (liputan6.com)