Nggak Perlu Bingung, Ini Lho 4 Cara Mengatasi Situasi Canggung Saat Bersama Orang Lain

Kalau kamu tahu bagaimana cara mengatasi situasi canggung saat bersama orang lain, tentu saja kamu tidak perlu kebingungan.

Berada dalam satu ruangan bersama orang yang tidak dikenal mungkin akan membuat kamu canggung. Situasi tersebut memang tidak menyenangkan. Tapi kalau kamu tahu bagaimana cara mengatasi situasi canggung saat bersama orang lain, tentu saja kamu tidak perlu kebingungan.

Situasi canggung sebenarnya cukup umum terjadi, terlebih jika bersama dengan orang yang baru saja dikenal. Tapi jangan sampai rasa canggung tersebut mempengaruhi perilaku dan pikiranmu, sehingga memicu stres. Agar kamu nggak merasa canggung saat berhadapan dengan orang lain, berikut ini cara-cara yang bisa kamu terapkan:

1. Jadi Pendengar yang Baik

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika berada dalam situasi canggung adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Jadi jika kamu diajak ngobrol oleh seseorang, maka dengarkan baik-baik dan berikan komentar sesekali agar obrolan bisa tetap berjalan. Kalau kamu bingung mencari topik obrolan, kamu bisa memberikan pertanyaan follow up dari obrolan orang tersebut.

2. Ingat Namanya

Cara Mengatasi Situasi Canggung (via NTD Indonesia)

Selain menjadi pendengar yang baik, kamu juga sebaiknya mengingat nama lawan bicaramu. Sebab, mengingat nama adalah salah satu cara jitu yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa canggung dan membuat interaksi jadi tetap hidup.

3. Bersikap Ramah

Cara Mengatasi Situasi Canggung (via GenSINDO)

Nah, kalau cara yang ini penting banget untuk diterapkan. Bersikap ramah di segala situasi adalah hal yang wajib dilakukan, terlebih di situasi canggung. Sebab, sikap ramah akan memudahkanmu berinteraksi dengan orang lain yang bahkan belum kamu kenal.

4. Jadi Diri Sendiri

Cara Mengatasi Situasi Canggung (via Beautynesia)

Cara terakhir untuk mengatasi rasa canggung saat bersama orang lain adalah tetap menjadi diri sendiri.  Karena berpura-pura menjadi orang lain saat bersama orang lain, tidak menjamin kamu akan diterima di lingkungan tersebut.

Demikian tadi cara mengatasi situasi canggung saat bersama orang lain yang bisa kamu terapkan. Pada dasarnya situasi canggung adalah hal normal yang bisa dialami semua orang. Namun kamu juga harus paham bagaimana cara efektif untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Mengatasi Situasi Canggung (via Urbanasia)