Enggak Cuma Karapan Sapi, Ini Kesenian Khas Madura yang Jarang Orang Tahu

Masih banyak kesenian khas Madura lainnya yang juga nggak kalah menariknya jika dibandingkan dengan karapan sapi.

Semua pasti setuju kalau karapan sapi merupakan kesenian khas Madura yang paling populer, bahkan sudah dikenal hingga mancanegara. Kesenian yang satu ini merupakan sebutan untuk permainan adu balap lari sapi yang dalam bahasa Madura disebut dengan kerrabhan sapeh.

Namun ternyata, madura tidak hanya memiliki kesenian daerah berupa karapan sapi. Masih banyak kesenian khas Madura lainnya yang juga nggak kalah menariknya jika dibandingkan dengan karapan sapi. Kesenian apa saja yang dimaksud?

1. Tok-Otok

Kesenian khas Madura selain karapan sapi yang pertama adalah otok-otok. Kesenian yang satu ini sudah menjadi tradisi yang mendarah daging di masyarakat Madura untuk menyambung tali silaturahmi.

Otok-otok biasanya menyajikan hiburan berupa lagu-lagu dangdut dan sandur melalui tape recorder yang dihubungkan ke pengeras suaranya. Biasanya otok-otok dilakukan pada saat acara tertentu atau saat walimah.

Unik Kesenian Khas Madura (via ryatara)

2. Saronen

Selanjutnya ada Saronen  yang merupakan instrument musik yang berasal dari Madura. Orkes saronen sangat erat hubungannya dengan hewan sapi. Oleh sebab itu, biasanya saronen dimainkan untuk mengiringi acara kesenian karapan sapi dan pertandingan kecantikan sapi betina. Tidak hanya itu, saronen juga biasanya dimainkan untuk mengiringi pesta perkawinan atau upacara ritual di makam keramat.

Unik Kesenian Khas Madura (via Validnews)

3. Tok-Tok

Terakhir ada kesenian Tok-Tok yang juga berasal dari Madura. Tok-tok merupakan kompetisi aduan sapi yang saling menyeruduk. Sapi-sapi jantan yang diadu tersebut akan dinyatakan menang, jika lawannya menyerah dan lari dari lawannya yang lain.

Sama seperti kompetisi pada manusia, Tok-Tok juga didampingi wasit yang tentu saja bukan orang sembarangan. Sebab, jika tidak ada wasit pada kesenian ini, maka bisa membahayakan para penontonnya.

Selain daftar di atas, tentunya masih banyak kesenian khas Madura yang jarang diketahui banyak orang. Kawasan ini memiliki keberagaman cukup tinggi di setiap kabupaten sehingga banyak hal menarik yang bisa dieskplor. Semoga informasi ini bermanfaat.

Unik Kesenian Khas Madura (via Merdeka)