Tips Keluar dari Hubungan Toxic yang Merusak Kesehatan Mental dan Mengancam Jiwa

Tips Keluar dari Hubungan Toxic yang Merusak Kesehatan Mental dan Mengancam Jiwa

Hubungan toksik adalah hubungan yang bisa merusak mental seseorang. Untuk beberapa kasus berat, hubungan ini bahkan melukai fisik dan bisa menghilangkan nyawa seseorang. 

Itulah kenapa, penting buatmu untuk meloloskan diri dari hubungan yang toksik. Apalagi kalau sudah lama kamu jalani. Meski tidak mudah, tapi kamu pasti bisa jika mau berusaha lepas.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips berguna untuk keluar dari hubungan toksik dan menjalani kehidupan yang layak kamu dapatkan.

1. Mengetahui Tanda-Tanda

Untuk bisa lepas dari sebuah hubungan toksik, kamu harus tahu dulu tanda-tanda hubunganmu tidak sehat. Selisih paham dan pertengkaran dalam sebuah hubungan tentu wajar terjadi. Lalu, sejauh mana pertengkaran bisa dikatakan tidak wajar, atau mengarah ke toksik?

Nah, di bawah ini adalah beberapa tanda hubungan toxic:

• Kecemburuan yang tidak beralasan

• Suka mengontrol

• Terjadi manipulasi emosi

• Perilaku tidak hormat dan kata-kata yang meremehkan

• Tidak saling mendukung

• Ketidakjujuran

• Keengganan untuk berkomunikasi

• Pertengkaran terus menerus

2. Kenali Perasaanmu

Hal yang paling umum terjadi di antara orang-orang dalam hubungan toksik adalah kegagalan untuk mengenali seberapa sering interaksi negatif terjadi. Sebab mereka biasanya terpaku hanya pada hari bahagia dan menutupi hari-hari buruk dengan kebahagiaan itu.

3. Putuskan Komunikasi

Kecemburuan berlebih adalah salah satu pertanda hubungan toksik (id.theasianparent.com)

 

Banyak pasangan dalam hubungan toksik mengalami lingkaran setan putus nyambung. Akhiri pola ini dengan memutuskan semua komunikasi. Pertimbangkan untuk berhenti dari media sosial dan bahkan mengubah nomor telepon untuk menghilangkan godaan berhubungan lagi dengan mantanmu itu.

4. Beri Dirimu Waktu

Beri dirimu waktu untuk memproses emosi dan memulihkan kesehatan mental dan emosionalmu. Tentu saja normal untuk berduka karena berakhirnya hubungan kalian. Tapi ingat, itu karena ketergantungan yang melekat yang sering menyertai.

Sekarang coba beri waktu pada dirimu untuk mengeksplorasi hobi baru dan fokus pada perawatan diri. Mungkin terasa sakit untuk sementara waktu, tetapi dengan berjalannya waktu, kamu akan baik-baik saja.

5. Cari Dukungan atau Bantuan

Menonaktifkan smartphone dan media sosial adalah salah satu cara ampuh untuk memutus lingkaran setan hubungan toksik (m.money.id)

Memiliki dukungan yang kuat sangat penting untuk keluar dari hubungan toksik. Beri tahu beberapa orang tepercaya tentang rencanamu untuk memastikan mereka tahu apa yang sedang terjadi. 

Coba pertimbangkan juga untuk mencari konseling atau terapi. Hubungan yang toksik memiliki dampak yang bertahan lama. Mereka dapat merusak rasa harga diri dan nilai Anda. Tidak ada salahnya bekerja dengan seorang profesional untuk menyembuhkan.

Bantuan ahli juga bisa jadi dukungan penting jika kamu sulit lepas dari hubungan toksik (alodokter.com)