4 Makanan Khas Madura yang Pandai Menggoyang Lidah

Tahu enggak sih bahwa ada banyak makanan khas Madura yang bikin lidah bergoyang? Apa saja? Simak ulasan berikut ini!

Siapa sih yang nggak kenal Soto Madura? Makanan khas Madura dengan bahan dasar daging sapi dan kuah kuning kental yang bercitarasa gurih ini selalu menggugah selera. Namun tidak hanya itu, ada makanan khas Madura lainnya yang nggak kalah enak dan dijamin bikin ketagihan.

Indonesia memang memiliki beraneka ragam masakan khas dari masing-masing daerah dengan citarasanya yang otentik. Salah satunya dari Pulau Madura. Nah, buat kamu yang berencara pelesir ke Pulau Madura, yuk cari tahu terlebih dahulu apa saja makanan khas Madura yang wajib kamu coba selama berada di sana.

1. Sate Madura

Makanan khas Madura yang pertama adalah sate. Sate Madura biasanya terbuat dari daging ayam atau daging kambing. Dalam satu tusuk sate, biasanya kamu tidak hanya bisa menyantap filet daging saja, tapi juga bisa merasakan sensasi kekenyalan gajih atau kulit yang enak banget. Apalagi kalau sudah dicampur dengan bumbu sate madura.

Bumbu satenya pun berbeda dengan bumbu sate yang lain. Sate Madura memiliki bumbu khas campuran petis, kemiri, dan kecap. Untuk penyajian, umumnya sate madura disajikan bersama nasi atau lontong, lengkap dengan acar mentimunnya.

2. Nasi Serpang

Makanan Khas Madura (via Toko Mesin Maksindo)

Pernah dengar tentang Nasi Serpang? Makanan yang berasal dari Bangkalan ini disajikan dengan berbagai lauk pauk. Mulai dari kerang tumis pedas, telus asin, kerecek tahu, dendeng sapi, keripik paru, pepes ikan tongkol, dan sambal terasi. Duh, banyak banget ya lauknya. Nasi Serpang umumnya dibungkus dengan daun dan disantap untuk sarapan. Jadi kalau kamu mau mencicipi Nasi Serpang, kamu wajib bangun pagi ya.

3. Tajin Sobih

Makanan Khas Madura (via Merdeka)

Terakhir ada Tajin Sobih yang juga berasal dari Bangkalan, tepatnya di Desa Sobih. Makanan ini memiliki citarasa manis rugih, sehingga perpaduannya lengkap saat disantap. Dalam satu porsi Tajin Sobih berisi bubur putih, bulatan putih, bubur lonjongan cokelat, dan sagu mutiara yang disajikan bersama saus gula merah di atasnya. Duh, bikin ngiler deh.

4. Soto Madura

Makanan Khas Madura (via Harian Jatim)

Sebagaimana sempat disinggung di atas, kuliner ini adalah salah satu andalan Pulau Garam. Soto Madura biasanya terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang diiris tipis, yang dimasak bersama dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan daun jeruk.

Kuah Soto Madura memiliki rasa gurih dan harum berkat penggunaan bumbu yang kaya. Biasanya, kuahnya diberi tambahan kaldu ayam atau sapi untuk memberikan rasa yang mendalam. Hidangan ini disajikan dengan pelengkap seperti nasi putih, lontong (ketupat), telur rebus, dan kerupuk. Kamu juga bisa menambahkan sambal atau jeruk nipis sesuai selera.

Bagaimana, tertarik menjajal makanan khas Madura di atas. Meski demikian, perlu diketahui bahwa hidangan kuliner yang disajikan di masing-masing kabupaten di Pulau Garam mungkin berbeda sesuai kebiasaan masyarakatnya. Yuk, traveling ke Pulau Madura!

Makanan Khas Madura (via Kompas)