Biar Nggak Tertipu, Ini 3 Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Kamu Tahu

Kamu harus benar-benar jeli dan paham betul tips membeli mobil bekas, agar kamu nggak tertipu dan mobil yang kamu beli bisa nyaman digunakan bersama keluarga.

Membeli mobil bekas memang tidak semudah membeli mobil baru. Kamu harus benar-benar jeli dan paham betul tips membeli mobil bekas, agar kamu nggak tertipu dan mobil yang kamu beli bisa nyaman digunakan bersama keluarga.

Bagi sebagian orang, memiliki mobil adalah impian tersendiri. Meski bukan mobil baru, asal masih bagus dan nyaman digunakan, tentu hal tersebut bukan masalah besar. Namun, karena membeli mobil bekas lebih berisiko dibanding dengan mobil baru. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa kamu ikuti agar kamu bisa lebih jeli memilih mobil bekas yang layak pakai. Apa saja?

1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin membeli mobil bekas adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet. Mobil bekas dijual dengan harga yang beragam. Nah, biar kamu nggak salah pilih, pasti kamu tahu kondisi mobil bekas yang baik itu seperti apa.

Kamu juga harus mencari tahu berapa harga wajar mobil bekas yang kamu inginkan tersebut. Jangan sampai karena kamu terlalu bernapsu membeli mobil tersebut, lantas kamu tidak mempedulikan berapa harga jualnya.

2. Jangan Tergoda Harga Murah

Tips Membeli Mobil Bekas (via Kompas Otomotif)

Ada mobil yang dijual murah, siapa sih yang nggak tertarik. Semua orang pasti tertarik dengan mobil yang dijual dengan harga jauh dari pasaran. Tapi nanti dulu. Jangan tergoda dengan iming-iming harga murah.

Kamu harus jeli mengecek semua detail mobil tersebut. Cari tahu dulu di internet tentang kondisi mobil layak pakai dan tidak layak pakai. Jangan-jangan mobil tersebut murah karena kondisinya yang sudah tidak layak pakai. Duh, jadi rugi kan.

3. Tanyakan Riwayat Servis

Tips Membeli Mobil Bekas (via Radar Malang)

Mobil bekas yang kondisinya baik adalah yang rajin diservice oleh pemilik sebelumnya. Karena itu, sebelum membeli, jangan takut untuk menanyakan riwayat servis mobil tersebut. Pilih mobil bekas yang rutin melakukan perawatan. Jika ada bagian-bagian mobil yang diganti, pastikan diganti dengan sparepart original dari bengkel resmi.

4. Cek Kelengkapan Surat

Tips Membeli Mobil Bekas (via Motorplus Online)

Jangan asal beli dan bayar, pastikan untuk memeriksa dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, dan dokumen lainnya. Periksa apakah ada hutang atau kendala hukum terkait kendaraan tersebut. Jangan sampai barang yang kamu beli itu benda curian atau sedang bermasalah sehingga malah merepotkanmu.

Demikian beberapa tips membeli mobil bekas biar kamu nggak gampang tertipu. Catat baik-baik ya karena sayang banget kalau uang yang kamu bayarkan sia-sia dan cuma dapat barang enggak layak pakai.

Tips Membeli Mobil Bekas (via Carro)