Jangan Mau Dimanipulasi, Ini 4 Tips Menghindari Fake Friend yang Wajib Kamu Tahu

Kamu wajib tahu nih tips menghindari fake friend agar tidak menjadi korban manipulasi mereka. Simak ulasan berikut ini!

Buat kamu yang punya banyak teman, kamu wajib tahu nih tips menghindari fake friend agar tidak menjadi korban manipulasi mereka. Mengingat tidak semua teman mau menunjukkan sifat aslinya saat dihadapanmu, maka kamu perlu waspada.

Dijamin deh, hidup kamu akan jauh lebih baik ketika kamu berada dilingkungan orang-orang yang tulus daripada berada di lingkungan teman-teman ‘bertopeng”. Bagaimana cara menghindarinya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut hal yang bisa dilakukan:

1. Menjaga Batasan

Tips pertama agar kamu terhindar dari fake friend adalah dengan membuat batasan. Jangan biarkan teman-teman yang penuh kepalsuan itu memanfaatkan kebaikanmu. Mulai sekarang beranilah untuk berkata "Tidak" jika kamu memang tidak mau melakukan permintaan mereka.

Percayalah, orang-orang yang tulus berteman denganmu tidak akan marah jika permintaannya tidak dikabulkan. Mereka justru akan merasa tidak enak karena sudah merepotkanmu.

2. Bicara Terus Terang

Tips Menghindari Fake Friend (via Zona Mahasiswa)

Selain menjaga batasan, pastikan kamu juga berani berbicara terus terang pada mereka. Luapkan apa yang kamu rasakan. Teman-teman yang tulus akan mempedulikan perasaanmu, sedangkan teman-teman palsu akan meninggalkanmu dan tidak peduli dengan apa yang kamu rasakan. Percaya deh, dengan berterus terang, maka kamu bisa memahami situasi sesungguhnya dengan lebih baik lagi.

3. Kenali Cirinya

Tips Menghindari Fake Friend (via Verywell Mind)

Selanjutnya untuk mengetahui temanmu tulus atau tidak, kamu bisa melihat dari beberapa ciri-cirinya. Umumnya teman-teman palsu akan datang padamu hanya saat mereka sedang membutuhkan sesuatu. Ketika urusannya telah terpenuhi, maka kamu akan ditinggalkan dan tidak diingat sama sekali. Kalau kamu sudah melihat ciri-ciri seperti itu sebelumnya, sebaiknya segera tinggalkan. Karena mereka hanya akan memanfaatkanmu.

4. Cari Teman yang Tulus

Tips Menghindari Fake Friend (via Lentera Times)

Setelah mengetahui seperti apa fake friend, maka mulailah mencari teman yang tulus. Teman-teman yang tulus akan selalu peduli, mendukung, dan memahami tanpa mengharap imbalan apapun.

Faktanya, tips menghindari fake friend memang gampang-gampang susah untuk diterapkan. Namun poin-poin di atas perlu dikuasai dan diterapkan agar kamu nggak jadi salah satu korbannya.

Tips Menghindari Fake Friend (via Beautynesia)