3 Artis Indonesia yang Merupakan Keturunan Pahlawan Nasional, Enggak Nyangka!

Siapa sajakah artis Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya!

Semua pasti sudah tahu kalau Indonesia memperoleh kemerdekaan berkat perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raganya. Meski para pahlawan nasional tersebut telah gugur di medan perang, namun mereka melahirkan keturunan-keturunan yang kini adalah seorang artis terkenal di Indonesia. Siapa sajakah artis Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya:

1. Maia Estianty

Artis Indonesia pertama yang merupakan cucu pahlawan nasional adalah Maia Estianty. Artis yang akrab dengan panggilan Bunda Maia ini merupakan cicit dari pahlawan nasional Raden Mas Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau biasa disebut dengan H.O.S. Tjokroaminoto.

Garis keturunan tersebut didapan Bunda Maia dari ayahnya, Harjono Sigit, yang merupakan cucu dari H.O.S. Tjokroaminoto. Nenek dari Bunda Maia adalah putri pertama dari H.O.S. Tjokroaminoto bernama Siti Oetari Tjokroaminoto.

Artis Indonesia Keturunan Pahlawan Nasional (via Liputan6)

2. Asri Welas

Selain Maia Estiansy, artis Indonesia lainnya yang juga merupakan keturunan dari pahlawan nasional adalah Asri Welas. Siapa yang menyangka kalau aktris sekaligus model ini merupakan keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro.

Seperti yang diketahui, Pangeran Diponegoro dikenal sebagai pemimpin Perang Diponegoro melawan Pemerintah Belanda pada tahun 1825 hingga 1830. Karena itu, saat ini melalui sanggar tari miliknya, Asri Welas berkeinginan melanjutkan perjuangan Pangeran Diponegoro dengan mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai kebudayaan Indonesia.

Artis Indonesia Keturunan Pahlawan Nasional (via detikcom)

3. Karina Salim

Terakhir ada Karina Salim yang merupakan cicit dari pahlawan nasional K.H. Agus Salim yang merupakan anggota dari panitia sembilan. Perlu diketahui, panitia sembilan memiliki peran penting dalam perumusan Piagam Jakarta yang menjadi dasar terbentuknya Pancasila. Karina Salim sendiri adalah seorang ibu dua anak yang tidak hanya berprofesi sebagai aktris, tapi juga sekaligus menjadi penyanyi dan balerina.

Ternyata ada banyak artis Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan nasional. Nggak nyangka kan? Selain nama-nama di atas, tentunya masih banyak lagi nama selebritis yang leluhurnya adalah pahlawan. Apa kamu bisa menyebutkan siapa lagi?

Artis Indonesia Keturunan Pahlawan Nasional (via Republika)