Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Kaki atau 'Nyeker' untuk Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Kaki atau 'Nyeker' untuk Kesehatan, Apa Saja?

Berjalan tanpa alas kaki mungkin sesuatu yang hanya kamu lakukan di rumah. Namun bagi banyak orang, berjalan dan berolahraga tanpa alas kaki adalah latihan yang mereka lakukan setiap hari.

Saat balita belajar berjalan, orang tua disarankan untuk membiarkan proses ini terjadi secara alami, dan tanpa sepatu. Hal ini dikarenakan sepatu dapat mempengaruhi bagaimana seorang anak menggunakan otot dan tulang di kakinya.

Anak-anak juga menerima umpan balik dari tanah ketika mereka berjalan tanpa alas kaki, dan hal ini meningkatkan propriosepsi (kesadaran akan tubuh mereka di ruang angkasa).

Seiring bertambahnya usia anak, kita memasukkan kaki mereka ke dalam sepatu dan kehilangan manfaat yang didapat dari berjalan tanpa alas kaki.

Anak-anak sedang main engklek tanpa alas kaki(orami.co.id)

Itulah mengapa para pendukung berjalan tanpa alas kaki dan berolahraga mendorong untuk tidak lagi memakai sepatu sepanjang hari dan mendorong kita semua untuk membiarkan kaki kita bebas.

Jalan kaki tanpa alas kaki (kesehatan.kontan.co.id)

# Manfaat Jalan Tanpa Kaki untuk Kesehatan

Manfaat yang paling mudah dari berjalan tanpa alas kaki adalah bahwa secara teori, berjalan tanpa alas kaki lebih mendekati pola berjalan 'alami' kita.

Jika kamu pergi ke toko sepatu misalnya, kamu akan melihat beberapa pasang sepatu yang berbeda, kamu akan melihat bahwa banyak di antaranya memiliki bantalan dan penyangga yang berlebihan.

Meskipun bantalan di sepatu terasa sangat nyaman jika dipakai berjalan atau lari, ahli penyakit kaki dan ahli bedah kaki bersertifikat, Dr. Bruce Pinker, mengatakan bahwa sepatu jenis ini dapat mencegah kamu menggunakan kelompok otot tertentu yang sebenarnya dapat memperkuat tubuhmu.

Manfaat lain dari berjalan tanpa alas kaki meliputi:

1. Kontrol yang lebih baik atas posisi kakimu saat menapak ke tanah.

2. Peningkatan keseimbangan, dan kesadaran tubuh, yang dapat membantu meredakan nyeri.

3. Mekanisme kaki yang lebih baik, yang dapat mengarah pada peningkatan mekanisme pinggul, lutut, dan inti tubuh.

4. Mempertahankan rentang gerak yang tepat pada sendi kaki dan pergelangan kaki serta kekuatan dan stabilitas yang memadai pada otot dan ligamen.

5. Otot kaki yang lebih kuat, yang menopang daerah punggung bawah.

Manfaat jalan kaki tanpa alas kaki (tirto.id)