Serupa Tapi Tak Sama! Ini 5 Jajanan Malaysia Yang Mirip Makanan Indonesia, Cuma Beda Nama

5 Jajanan Malaysia yang mirip makanan Indonesia, salah satunya cendol.

Indonesia dan Malaysia masih negara serumpun yang memiliki banyak kesamaan. Persamaan itu salah satunya terlihat pada varietas kulinernya. Diketahui, jajanan pasar di Indonesia memiliki banyak ragam, begitupun dengan Malaysia. 

Siapa sangka, banyak kuliner yang biasa ditawarkan di Malaysia juga bisa ditemui di Indonesia. Apalagi beberapa jenis kudapan manisnya. Berikut ini 5 jajanan Malaysia yang mirip makanan Indonesia. Scroll buat penjelasannya!

1. Apam Balik

Malaysia memiliki kudapan bernama apam balik. Penampilan jajanan itu sangat mirip dengan martabak manis. Meski tampilannya benar-benar mirip dengan martabak, tapi adonannya tidak setebal martabak manis pada umumnya. 

Adonan apam balik justru terlihat renyah dan cenderung lebih tipis. Bila diperhatikan, adonan apam balik mirip dengan martabak tipker atau kue leker di Indonesia. Biasanya, apam balik banyak dijual oleh pedagang kaki lima di Malaysia.

Selain itu, berbeda dengan pilihan martabak manis di Indonesia yang sangat beragam, mulai dari cokelat, keju, ketan hitam hingga aneka selai kekinian, kue apam balik bisanya disajikan dengan hanya menggunakan cincangan kacang atau irisan pisang.

2. Cendol

Kue Apam Balik (Wikipedia)

Tidak hanya jadi minuman favorit di Indonesia, es cendol rupanya juga sangat poopuler di Penang, Malaysia. Akan tetapi, sajian cendol di Negeri Jiran agak berbeda dengan versi Indonesia karena diberi tambahan isian lain.

Seperti kacang merah, cincau hingga jagung. Sementara es cendol di Indonesia hanya disajikan dengan es serut, irisan nangka, sirup gula merah dan santan kelapa. Rasa cendol di Indonesia pun gurih dan punya aroma nangka yang sangat kuat.

3. Putu Piring

Es Cendol Malaysia (YouTube)

Di Malaysia, ada jajanan yang disebut putu piring karena bentuknya yang pipih. Sama seperti di Indonesia, kue putu piring juga disajikan dengan kelapa parut dan diberi isian gula merah. Perbedaannya dengan kue putu Indonesia hanya terdapat pada bentuk dan warnanya saja.

Putu di Indonesia bisanya berwarna kehijauan dengan bentuk silinder. Sementara putu piring berwarna putih dengan bentuk yang mirip seperti piring. Namun ada pula yang membuat putu piring dengan menggunakan warna kuning.

4. Kue Ketayap

Kue Putu Piring (Eatbook.sg)

Bila dilihat, jajanan pasar Malaysia ini mirip dengan kue dadar gulung kalau di Indonesia. Tampilan kue itu sangat menyerupai karena sama-sama berwarna hijau. Adonannya juga sama-sama terbuat dari campuran tepung yang didadar lalu diberi isian kelapa parut yang manis gurih.

5. Kue Kaswi

Kue Ketayap (Freepik)

Belakangan, kue kaswi ini viral di Malaysia. Jika diperhatikan, sajian kue bertekstur kenyal ini mirip dengan kue Indonesia bernama lumpang. Kue ini juga dibuat dari adonan tepung beras, tepung kanji, santan dan daun pandan (suji). Lalu disajikan dengan diberikan parutan kelapa yang gurih.

Kue Kaswi (YouTube)