Jangan Dibiarkan, 3 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Sleep Texting

Sleep texting merupakan perilaku mengirim pesan melalui telepon genggam dalam keadaan tidur. dan pada keesokan harinya mereka sudah lupa dengan perilaku tersebut.

Sleep texting merupakan perilaku mengirim pesan melalui telepon genggam dalam keadaan tidur. dan pada keesokan harinya mereka sudah lupa dengan perilaku tersebut. Meski tidak berdampak buruk pada tubuh, namun kamu wajib tahu cara mengatasi sleep texting agar tidak terjadi setiap hari.

Bagi sebagian orang, istilah sleep texting mungkin tidak terlalu populer di telinga. Namun, banyak orang yang sering melakukan hal ini. Kondisi ini sering terjadi para orang, baik remaja atau dewasa,  yang tidur dengan telepon genggam di sampingnya.

Perilaku sleep texting bisa terjadi karena berbagai sebab, mulai dari stres, kurang tidur, perubahan jadwal tidur, demam, dan insomnia. Lantas, bagaimana cara mengatasi sleep texting yang tanpa sadar sering dilakukan?

1. Mematikan Ponsel pada Jam Tidur

Mengutip laman Alodokter, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sleep texting adalah dengan mematikan pensel saat tidur. Jika kamu tidak ingin benar-benar mematikan ponsel, kamu bisa memasang mode pesawat. Dengan begitu, tidurmu tidak akan terganggu dengan nada dering atau nada notifikasi lainnya, yang memicu kamu terbangun di tengah malam.

2. Letakkan Ponsel di Tempat yang Jauh

Sleep Texting (via Merah Putih)

Selain mematikan ponsel, kamu juga bisa menaruh ponsel pada posisi yang jauh dari jangkauan kamu. Sebab, meletakkan ponsel di samping kamu saat tidur bisa memicu sleep texting yang mengganggu kualitas tidur.

3. Jangan Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur

Sleep Texting (via Hypeabis)

Scrolling media sosial adalah perilakuk yang sering dilakukan banyak orang. Padahal menggunakan ponsel sebelum tidur bisa memicu sleep texting lho. Sebaiknya hindari beraktivitas dengan gadget setidaknya 1 jam sebelum tidur. Untuk menunggu mata mengantuk, kamu bisa kok melakukan hal lain seperti membaca buku atau melakukan pereganggan.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi sleep texting yang sering kali terjadi tanpa disadari. Kebiasaan ini harus dihindari, selain karena berpotensi membuatmu pesan yang kurang tepat, paparan radiasi smartphone atau gadget lainnya dipercaya bisa berakibat buruk pada tubuh. Selamat mencoba!

Sleep Texting (via Harian Suara)