Eksis Boleh, Tapi Ini 5 Hal yang Seharusnya Nggak Dijadikan Konten di Medsos

Ada beberapa hal yang seharusnya nggak dijadikan konten dan diunggah ke media sosial. Sayangnya, banyak content creator yang malah kebablasan.

Saat ini semua hal bisa dijadikan konten, mulai dari kehidupan sehari-hari, review tempat makan, hingga ide jualan. Sayangnya, ada beberapa konten kreator yang kebablasan. Padahal ada beberapa hal yang seharusnya nggak dijadikan konten dan diunggah ke media sosial. Nah, buat kamu yang masih baru saja merintis karis menjadi konten kreator, coba deh pelajari hal-hal apa saja yang seharusnya nggak dijadikan konten agar kamu nggak asal upload.

1. Informasi Pribadi yang Sensitif

Meski saat ini semua hal bisa kamu jadi konten, namun hal-hal pribadi seperti nomor identitas, alamat rumah, nomor telepon, dan informasi penting lainnya sebaiknya tidak dijadikan bahan konten. Sebab hal-hal tersebut bisa saja digunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan yang bisa merugikan kamu.

2. Chat Pribadi

Hal yang Seharusnya Nggak Dijadikan Konten di Medsos (via Universitas Airlangga)

Meski menurutmu hanya untuk seru-seruan, namun membagikan chat pribadi bukanlah hal yang patut dilakukan. Terlebih kalau hal tersebut berhubungan dengan masalah keluarga atau pertemanan. Bisa-bisa hubunganmu dengan yang bersangkutan akan semakin memburuk. Jadi rugi sendiri kan.

3. Konten yang Merendahkan Orang Lain

Hal yang Seharusnya Nggak Dijadikan Konten di Medsos (via Jagoan Hosting)

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Maka dari itu, jangan pernah membagikan konten yang isinya merendagkan orang lain. Tentu saja hal tersebut bisa melukai hati orang lain, dan membuatmu dicap sebagai orang yang buruk.

4. Konten "Vulgar"

Hal yang Seharusnya Nggak Dijadikan Konten di Medsos (via TheStreet)

Konten-konten "vulgar" memang suka bikin penasaran, tapi sebaiknya jangan membuat konten "vulgar" yang tidak layak tayang. Mengingat pengguna sosial media tidak semua betul-betul sudah dewasa dan ada juga pelajar. Maka sebaiknya hindari konten "vulgar" agar kontenmu tidak menjadi konten sampah yang tidak pantas dilihat.

5. Hal yang Berbau SARA

Hal yang Seharusnya Nggak Dijadikan Konten di Medsos (via Pocket Tactics)

Konten SARA adalah materi atau informasi yang berpotensi menyinggung isu-isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA). Isu-isu ini sering kali sensitif dan dapat memicu ketegangan sosial, diskriminasi, atau konflik. Konten SARA mencakup pernyataan, gambar, atau tindakan yang merendahkan, memicu kebencian, atau mempromosikan prasangka terhadap kelompok etnis, agama, ras, atau sosial tertentu.

Karena potensinya untuk merusak hubungan antar kelompok dan menciptakan konflik, banyak platform online dan hukum di berbagai negara memiliki kebijakan yang melarang dan mengatur konten SARA.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja hal yang seharusnya nggak dijadikan konten di media sosial. Jadi jangan sembarangan upload ya. Apa yang menurutmu wajar belum tentu bisa diterima dengan baik oleh orang lain. Jadi bersikaplah dengan bijak.

Hal yang Seharusnya Nggak Dijadikan Konten di Medsos (via Good News From Indonesia)