4 Kesalahan Saat Menulis Skripsi yang Sering Dilakukan Mahasiswa, Nggak Kelar-Kelar Deh!

Masih banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan saat menulis skripsi, sehingga membuat tugas akhirnya tersebut tidak kunjung selesai. Apa saja?

Sebelum meraih gelar sarjana, seorang mahasiswa tentu harus menyelesaikan tugas akhir yang disebut dengan skripsi. Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan saat menulis skripsi, sehingga membuat tugas akhirnya tersebut tidak kunjung selesai. Nah, buat kamu yang saat ini tengah mengerjakan skripsi, coba cek lagi kira-kira kamu pernah melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini nggak?

1. Bahasanya Kurang Ilmiah

Bahasa ilmiah adalah salah satu syarat pembuatan skripsi. Karena itu, sebaiknya mahasiswa menghindari menggunakan bahasa sehari-hari atau sastrawi saat menulis skripsi. Sebaiknya, pilih bahasa baku dan lugas dengan struktur kalimat yang efektif agar skripsimu mudah dipahami, serta tidak terkesan bertele-tele.

2. Minim Referensi

Kesalahan Saat Menulis Skripsi (via Merdeka)

Saat menulis skripsi mahasiswa diwajibkan untuk mencari referensi sebanyak-banyak demi menunjang penelitian yang sedang dia buat. Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang nggak mau ribet, sehingga mereka hanya memiliki referensi seadanya, sehingga skripsi yang mereka tulis kurang berbobot.

3. Topik yang Terlalu Luas

Kesalahan Saat Menulis Skripsi (via IDN Times)

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan mahasiswa saat menulis skripsi adalah mereka memilih topik skripsi yang terlalu luas. Tentu saja hal tersebut akan mempersulit penelitian yang mereka lakukan. Alhasil, pembahasan mereka terlalu dangkal dan tidak menyeluruh.

Tapi memilih topik yang terlalu sempit juga tidak dianjurkan ya. Sebaiknya pilih topik yang pas. Sehingga kamu dapat memahaminya betul-betul, dan bisa memberikan pembahasan secara mendalam.

4. Tidak Menguasai Metodologi Penelitian

Kesalahan Saat Menulis Skripsi (via Pikiran Rakyat)

Kesalahan terakhir yang biasa dilakukan mahasiswa saat menulis skripsi adalah mereka tidak benar-benar menguasai metodologi penelitian dengan baik. Padahal penguasaan metodologi penelitian adalah hal utama agar skripsi tidak kehilangan nilai ilmiahnya.

Jadi sebelum menulis skripsi, pastika terlebih dahulu kamu mau menggunakan metodologi penelitian yang seperti apa. Apakah mau menggunakan metode penelitian kualitatif atau kuantitatif.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan saat menulis skripsi yang sering dilakukan mahasiswa. Jika ingin skripsi cepat selesai, coba hindari kesalahan-kesalahan tadi ya. Ingat, kamu tidak berjuang sendirian karena masih banyak mahasiswa lain yang juga mengerjakan skripsi di waktu yang sama. Semangat!

Kesalahan Saat Menulis Skripsi (via Zona Mahasiswa)