Selain Borobudur, Ini Lokasi di Indonesia yang Ternyata Juga Warisan Budaya Dunia versi UNESCO

Indonesia memiliki 10 lokasi yang diakui sebagai warisan budaya dunia yang diakui UNESCO, dan beberapa di antaranya tidak disadari oleh masyarakat.

Selama ini, ketika berbicara tentang Warisan Budaya Dunia di Indonesia, situs yang mungkin pertama kali terpikirkan adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Jawa Tengah. Padahal, melansir laman resmi UNESCO, negeri kita ini memiliki 10 lokasi yang diakui sebagai warisan budaya.

Sebagian besar situs yang diakui UNESCO memang berupa peninggalan bersejarah yang terkenal dan ramai dikunjungi. Meski demikian, ternyata ada beberapa lokasi di Indonesia yang tanpa disadari ternyata merupakan situs warisan budaya dunia. Di mana saja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Hutan Hujan Tropis Sumatera

Siapa sangka, hutan hujan tropis Sumatera adalah salah satu dari lokasi tersembunyi yang diakui sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Hutan ini adalah salah satu hutan hujan tertua di dunia, dan di dalamnya terdapat keanekaragaman hayati yang luar biasa. Sumatera memiliki spesies langka seperti harimau Sumatera, badak Sumatera, dan orangutan. Perlindungan hutan ini bukan hanya penting bagi Indonesia, tetapi juga bagi seluruh dunia.

2. Sistem Irigasi Subak Bali

Warisan Budaya Dunia di Indonesia (via Liputan6)

Menikmati pemandangan hijau sawah di Bali memang membuat siapapun terpesona. Namun siapa sangka, sistem Subak di Bali bukan hanya sekadar sistem irigasi pertanian, melainkan juga merupakan manifestasi dari filosofi Tri Hita Karana.

Filosofi ini menekankan tiga hubungan harmonis, yaitu hubungan antara manusia dan manusia, manusia dan alam, serta manusia dan yang Ilahi. Sistem Subak memperlihatkan praktik pertanian yang berkelanjutan dan tradisi yang mempertahankan nilai-nilai budaya dalam dunia yang terus berubah.

3. Taman Nasional Lorentz, Papua

Warisan Budaya Dunia di Indonesia (via Jernih)

Taman Nasional Lorentz adalah keajaiban alam yang terletak di Papua. Taman ini adalah satu-satunya Warisan Budaya Dunia yang mencakup daratan dan lautan, menampilkan beragam ekosistem mulai dari gletser hingga terumbu karang tropis. Taman ini menjadi rumah bagi spesies unik seperti kanguru pohon dan burung cenderawasih, memberikan kita pandangan ke dalam dunia yang beragam di ujung timur Indonesia.

4. Poros Kosmologis Yogyakarta

Warisan Budaya Dunia di Indonesia (via News Schoolmedia)

Menjadi lokasi yang banyak dilewati pengunjung, kunjungan ke kawasan ini ternyata juga menjadi bagian dari wisata budaya. Poros Kosmologis di Yogyakarta adalah kawasan yang diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia. Poros ini menghubungkan tiga candi besar, yaitu Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Selain sebagai kawasan pemujaan agama dan kebudayaan, Poros Kosmologis ini juga mencerminkan kecemerlangan arsitektur dan seni rupa Indonesia kuno.

5. Tambang Batubara Ombilin, Sawahlunto

Warisan Budaya Dunia di Indonesia (via detikTravel)

Tambang Batubara Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat, adalah tempat bersejarah yang telah diakui oleh UNESCO. Tambang ini merupakan saksi bisu dari era industri batubara di Indonesia. Melalui peninggalan ini, kita dapat melihat bagaimana industri ini telah memengaruhi perkembangan sosial, ekonomi, dan budaya di masa lalu.

6. Taman Nasional Komodo

Warisan Budaya Dunia di Indonesia (via Krjogja)

Taman Nasional Komodo adalah rumah bagi kadal komodo, hewan purba yang hanya dapat ditemui di wilayah ini. Selain sebagai tempat konservasi yang penting, taman ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. UNESCO mengakui pentingnya menjaga keanekaragaman hayati dan ekosistem unik di Taman Nasional Komodo.

7. Taman Nasional Ujung Kulon

Warisan Budaya Dunia di Indonesia (via Prambors FM)

Taman Nasional Ujung Kulon, yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, telah diakui sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Taman ini adalah tempat hidup bagi badak Jawa, spesies langka yang hampir punah. Perlindungan dan pelestarian taman ini sangat penting untuk menjaga spesies-spesies yang unik ini tetap bertahan.

Selain Candi Borobudur, Prambanan, dan situs yang disebutkan di atas, satu lagi Warisan Budaya Dunia di Indonesia adalah Situs Manusia Purba Sangiran. Terlepas dari keindahan dan nilai budayanya, pengakuan dari UNESCO menjadi penghargaan bagi upaya pelestarian dan perawatan warisan yang berharga ini.

Warisan Budaya Dunia di Indonesia (via Traveloka)