Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui Publik, Banyak Cuy

Jangan kebanyakan maen, gaes. Banyak lho manfaat tidur siang yang bisa kamu lewatkan.

Bagi kebudayaan tertentu, tidur siang meskipun cuma sebentar dinilai sebagai tanda kemalasan. Sementara itu, di kebudayaan lain, seperti Jepang, hal itu adalah bentuk dedikasi terhadap pekerjaan.

Apapun yang kamu percaya, pastinya kamu pernah mencoba. Tidur siang walaupun hanya sebentar bisa meningkatkan kemampuan berpikir. Bahkan, ilmuwan pun menyarankannya. 

Berdasarkan penelitian, lama durasi waktu tidur siang juga memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh. Mau tahu apa aja? Yuk simak cuy.

Manfaat tidur siang (keranews.org)

10-20 menit: meningkatkan konsentrasi

Berdasarkan penelitian, tidur siang selama 10-20 menit bisa membantumu untuk meningkatkan konsentrasi. Selain itu, kamu pun bakal merasakan adanya penambahan tenaga untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

Manfaat tidur siang (brightside.me)

30 menit: menghilangkan lelah

Mungkin susah dilakukan. Apalagi buat kalian yang terbiasa tidur siang beberapa menit aja. Namun, keuntungannya lebih besar lho. Kamu akan merasakan badan segar, meningkatkan daya ingat, mengurangi stress, meningkatkan daya konsentrasi dan menurunkan resiko diabetes.

Manfaat tidur siang (brightside.me)

60 menit: proses berpikir

Kalo pekerjaanmu membutuhkan aktivitas mental berat, 60 menit adalah durasi tidur siang yang pas buatmu. Dengan tidur selama satu jam, kamu pun akan merasakan 'deep sleep'. Nantinya, bisa membantu otak untuk meningkatkan kemampuan berpikir, daya ingat informasi dan gambar.

Manfaat tidur siang (brightside.me)

90 menit: durasi tidur penuh

90 menit adalah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk masuk merasakan dua fase tidur, yakni 'deep sleep' dan 'light sleep'. Dan dalam waktu singkat ini, kamu pun bisa merasakan REM (rapid eye movement), sebuah fase sebelum mimpi.

Berdasarkan peneliti untuk kajian tidur, Dr. Sara Mednick, tubuh manusia membutuhkan tidur siang. Entah hanya 10 menit maupun 90 menit. Bagaimanapun, setelah 7-8 jam terbangun dan dipaksa bekerja keras, tubuh pun butuh istirahat. 

Manfaat tidur siang (brightside.me)