Bikin Sakit Tanpa Berdarah, Ini Tanda-Tanda Perempuan Melakukan Bullying

Tahukah kamu tanda-tanda perempuan melakukan bullying pada orang sekitarnya? Bukan main pukul, namun efeknya tak kalah sadis.

Tahukah kamu tanda-tanda perempuan melakukan bullying pada orang sekitarnya? Faktanya, kasus perundungan bukan hanya terbatas pada persoalan anak laki-laki. Melansir laman Better Help, bullying adalah tindakan kekerasan yang biasanya dipicu oleh perasaan insecure atau keinginan untuk menguasai sebuah kelompok. Niat macam itu bisa muncul pada semua manusia, baik laki-laki maupun perempuan.

Meski demikian, publik umumnya hanya menyorot kasus perundungan anak laki-laki karena melibatkan kekerasan fisik. Sebagian besar dari kita mungkin membayangkan bully sebagai sosok laki-laki yang menggunakan kekerasan fisik untuk mendominasi rekan-rekannya. Padahal, kenyataannya, bullying juga terjadi di kalangan perempuan, meskipun dalam bentuk yang berbeda.

Berbeda dengan laki-laki, perempuan cenderung memainkan psikologi target mereka dengan cara yang lebih halus, namun seringkali sama kejam dan merusak. Sangat jarang ditemukan kasus bullying wanita yang saling pukul dan baku hantam, sehingga kasus ini seringkali dianggap normal dan tak terekspos. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa tanda-tanda umum dari bullying yang dilakukan oleh perempuan:

1. Merusak Reputasi/Membunuh Karakter

Ketimbang melakukan baku hantam, perempuan lebih umum melakukan bullying dengan cara merusak reputasi dan membunuh karakter korban. Pelaku melakukannya dengan menyebarkan fitnah atau rumor buruk tentang target mereka. Mereka dapat menciptakan cerita palsu yang dapat merusak reputasi dan karakter seseorang dengan cepat. Sekecil apapun aib korban akan menjadi senjata luar biasa untuk pelaku.

2. Pengucilan

Tanda-Tanda Perempuan Melakukan Bullying (via Grid)

Melansir laman Dove, perundungan yang dilakukan perempuan biasanya justru lebih terstruktur dan terencana. Seorang gadis yang melakukan bullying mungkin akan mencoba mengisolasi target dari kelompok teman-temannya. Mereka dapat merancang situasi di mana target diabaikan atau bahkan ditinggalkan oleh teman-temannya.

Misalnya gadis yang lebih populer akan meminta kelompoknya untuk menjauhi bahkan ikut menindas korban. Jika anggota kelompoknya menolak, maka dia akan diancam akan dikeluarkan dari lingkar pertemanan.

3. Menyindir/Mempermalukan

Tanda-Tanda Perempuan Melakukan Bullying (via Jurnal Post)

Bullying juga dapat terjadi dalam bentuk yang lebih halus, seperti menyindir atau mengolok secara tidak langsung. Umumnya hal ini dilakukan saat korban sedang berdekatan dan berpotensi mendengarkan isi sindirian. Namun di tengah populernya media sosial, tindakan ini bisa melibatkan penggunaan media sosial untuk curhat tentang target tanpa menyebutkan nama mereka secara eksplisit. Tujuan utamanya satu, mempermalukan korban separah mungkin.

4. Intimidasi Diam-Diam

Tanda-Tanda Perempuan Melakukan Bullying (via IDN Times)

Beberapa perempuan yang melakukan bullying akan berusaha untuk menjatuhkan target mereka tanpa terlihat terlibat. Mereka mungkin akan menggunakan cara-cara yang lebih halus, seperti merencanakan hal-hal tertentu agar target merasa tidak nyaman atau tidak diinginkan. Hal ini dilakukan agar pelaku tetap dalam posisi aman dan tidak dianggap menjadi penyebab ketidaknyamanan korban.

5. Umumnya Melibatkan Penampilan Fisik

Tanda-Tanda Perempuan Melakukan Bullying (via SINDOnews)

Bullying yang dilakukan oleh perempuan seringkali berfokus pada penampilan fisik. Mereka dapat mengejek atau mengkritik tampilan target, memicu perasaan rendah diri yang mendalam. Mirisnya, mereka akan mempengaruhi orang lain di sekitar korban untuk mengamini ejekan tersebut sehingga membuat korban semakin minder dan putus asa.

Itulah beberapa tanda-tanda perempuan melakukan bullying. Penting untuk menyadari bahwa perundungan oleh perempuan dapat sama merusaknya dengan yang dilakukan oleh laki-laki. Perbedaan dalam metode tidak mengurangi dampaknya pada korban. Dalam era digital ini, bullying juga dapat berlanjut di dunia maya, yang memperluas dampaknya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengajarkan anak-anak, terutama perempuan, tentang empati, penghargaan terhadap perbedaan, dan pentingnya mendukung satu sama lain. Hanya dengan membangun masyarakat yang lebih inklusif dan mendukung, kita dapat mengatasi masalah bullying dalam semua bentuknya.

Tanda-Tanda Perempuan Melakukan Bullying (via Bisnis Style)