4 Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara dalam Rumah, Wajib Ada Nih!

Sebab tanaman juga bisa membersihkan udara dalam rumah dan membuat rumah terasa begitu asri. Simak rekomendasi berikut ini!

Memang ada ya tanaman yang bisa membersihkan udara dalam rumah? Faktanya, tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah memang selalu berhasil membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik. Namun fungsinya tidak hanya sebatas itu. Selain menciptakan nuansa asri dalam ruangan, tanaman juga bisa membersihkan udara di sekitarnya. Masa sih?

Selain membersihkan udara, tanaman hias nyatanya juga dapat meningkatkan mood dan meredakan stres si penghuni rumah. Terlebih belakangan ini masyarakat sedang menghadapi masalah polusi tinggi, yang memicu berbagai penyakit termasuk ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut).

Dengan demikian, nggak ada ruginya dong memelihara banyak tanaman di rumah. Nah, buat kamu yang masih belum tahu apa saja tanaman yang bisa membuat udara dalam rumah menjadi bersih, berikut ini daftarnya:

1. Lidah Mertua

Mengutip laman Rumah.com, lidah mertua merupakan tananaman yang bisa membersihkan udara dan membuat rumah menjadi lebih sejuk. Tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia ini memiliki bentuk daun yang tipis memanjang dengan ujung yang runcing. Cara merawatnya pun mudah, namun jangan terlalu banyak menyiram air karena akarnya mudah membusuk.

Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara (via Okezone)

2. Lidah Buaya

Selain lidah mertua, lidah buaya juga termasuk tanaman yang bisa membersihkan udara di dalam rumah. Tidak hanya itu, lidah buaya juga sudah terkenal memiliki banyak manfaat, yakni seperti melembabkan kulit, menyuburkan laut, dan bisa menjadi campuran minuman menyehatkan. Wah, banyak sekali keuntungan menanam lidah buaya!

Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara (via Pikiran Rakyat)

3. Sirih Gading

Tanaman pembersih udara selanjutnya adalah sirih gading. Tanaman satu ini tidak hanya bagus digantung di teras rumah, tapi untuk hiasan taman juga cantik. Kamu bisa menanamnya di pot kecil dengan media air, atau juga bisa di dalam pot kecil transparan yang diisi dengan batu hias. Pastinya ruangan jadi cantik banget, kan?

Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara (via YouTube)

4. Aglaonema

Tanaman terakhir yang juga bisa membersihkan udara di dalam rumah adalah tanaman Aglaonema. Tanaman ini memiliki tampilan yang cukup cantik sehingga memiliki banyak penggemar. Selain bisa membersihkan udara, tanaman ini juga disebut dapat menyerap formaldehida dan benzena di dalam ruangan sehingga menghasilkan udara yang lebih segar dan sehat di dalamnya.

Nah, itu tadi beberapa tanaman yang bisa membersihkan udara dalam rumah. Mulai sekarang rajin-rajin menanam tanaman hias di rumah ya. Selain cantik, udara juga jadi lebih bersih sehingga keluarga lebih terlindungi dari kondisi yang penuh polusi seperti sekarang.

Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara (via Sonora)