Ngeri Banget! Ini 3 Mitos Gunung Lawu yang Bikin Merinding

Tahukah kamu bahwa sejumlah mitos Gunung Lawu yang sukses bikin bulu kuduk merinding? Yuk simak ulasan berikut ini!

Indonesia memang terkenal memiliki berbagai gunung dengan panorama yang mengagumkan, salah satunya adalah Gunung Lawu. Namun dibalik keindahan tersebut, terdapat sejumlah mitos Gunung Lawu yang sukses bikin bulu kuduk merinding. Sebagai informasi, Gunung Lawu merupakan gunung berapi aktif yang berada di Pulau Jawa, yakni di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Gunung dengan ketinggian mencapai 3.265 mdpl ini terletak di antara tiga Kabupaten, yaitu Jawa Tengah, Ngawi, dan Magetan. Kalau kamu belum tahu mitos apa yang tersimpan di Gunung Lawu, coba cek daftarnya berikut ini agar kalau suatu saat kamu ke sana, kamu nggak sampai melanggar mitos-mitos tersebut.

1. Dilarang Berbuat dan Berkata Sembarangan

Mitos pertama yang beredar tentang Gunung Lawu adalah adanya larang berbuat dan berkata kasar saat mendaki Gunung Lawu. Tentu saja semua orang yang datang kesana wajib memahami hal ini. Sebab, jika melanggar maka orang tersebut akan mengalami hal-hal aneh yang tidak diinginkan. Seperti diikuti oleh makhluk halus misalnya.

Mitos Gunung Lawu (via Eiger Adventure)

2. Ada Pasar Setan

Mitos kedua yang beredar tentang Gunung Lawu adalah terdapat pasar setan di sana. Di kalangan pendaki, mitos ini tersebar luas dan hangat. Bahkan ada seorang pendaki yang mengaku mendengar suara bising seperti pasar ketika berada di sana. Namun yang ada hanya suara, tidak ada penampakan pasar gaib yang terlihat oleh mata.

Mitos Gunung Lawu (via Surabaya Pagi)

3. Pusat Kegiatan Spiritual

Mitos tentang Gunung Lawu yang terakhir adalah gunung ini merupakan tempat kegiatan spiritual di tanah jawa. Hal ini tentu saja karena Gunung Lawu dianggap sebagai tempat sakral di tanah jawa dan masih berhubungan dengan tradisi dan budaya Praja Mangkunegaran.

Nah, itu tadi beberapa mitos Gunung Lawu yang beredar dan selalu bikin merinding para pendengarnya. Kalau kamu percaya nggak?

Mitos Gunung Lawu (via Gunung)