7 Manfaat Asam Jawa, Baik untuk Kesehatan Kulit Hingga Membantu Menurunkan Berat Badan

Sering digunakan sebagai bahan tambahan masakan dan minuman, ternyata banyak manfaat asam jawa bagi kesehatan yang mungkin belum kamu sadari.

Asam jawa, buah yang sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan dan minuman, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Manfaat asam jawa meskipun mungkin belum banyak yang tahu, merupakan sumber nutrisi dan memiliki khasiat medis yang luar biasa.

Selain kaya vitamin C, asam jawa juga mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Untuk itu, mari jelajahi berbagai manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi asam jawa, yang mungkin belum pernah kamu sadari sebelumnya.

1. Sumber Antioksidan

Asam jawa mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang dapat membantu kamu melawan radikal bebas dalam tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Asam Jawa (via Halodoc)

Kandungan vitamin C dalam asam jawa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dapat membantu dalam pembentukan kolagen, yang menjaga kulit tetap elastis dan mencegah penuaan dini. Jika digunakan dengan benar, asam jawa juga bisa membantumu tampak awet muda lebih lama.

3. Menjaga Pencernaan

Manfaat Asam Jawa (via Halodoc)

Asam jawa memiliki sifat pencahar alami yang membantu dalam meningkatkan pencernaan. Konsumsi asam jawa secara teratur dapat membantu kamu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Asam Jawa (via Grid Kids)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat asam jawa juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Asam jawa mengandung senyawa flavanoid yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Dengan turunnya bahaya oksidatif pada kolesterol jahat, juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat Asam Jawa (via Universitas Gadjah Mada)

Salah satu penyebab luka sulit sembuh adalah perkembangan bakteri di area yang cedera. Dalam hal ini, pasta asam jawa digunakan secara tradisional untuk merawat luka dan mempercepat penyembuhan berkat sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dimilikinya.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat Asam Jawa (via BukaReview)

Asam jawa juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berkumur dengan air asam jawa dapat membantu kamu mengatasi masalah gusi dan bau mulut.

7. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Asam Jawa (via Alodokter)

Beberapa penelitian awal mengindikasikan bahwa asam jawa dapat membantu dalam proses penurunan berat badan karena zat asam hidroksi tikit atau HCA membantu menghambat penyimpanan lemak di dalam tubuh. Selain itu, asam jawa dinilai mampu membantu mengurangi nafsu makan.

Jadi, asam jawa bukan hanya bahan pelengkap dalam masakan yang memberikan rasa asam yang lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan menambahkan asam jawa ke dalam pola makan harian, kamu dapat merasakan manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh kamu.

 

Manfaat Asam Jawa (via Merdeka)