Biar Nggak Cepat Luntur, Begini Cara Merawat Rambut yang Diwarnai

Kamu harus tahu cara merawat rambut yang diwarnai agar tidak cepat luntur dan rambut tidak rusak.

Bagi sebagian orang, mengecat rambut adalah hal yang menyenangkan dan bisa bikin mood meningkat. Tapi sebelum melakukannya, kamu harus tahu cara merawat rambut yang diwarnai agar tidak cepat luntur dan rambut tidak rusak.

Sebab rambut yang diwarnai tentu membutuhka perawatan ekstra agar rambut tidak rusak dan warnanya tidak gampang pudar. Nah, buat kamu yang suka mengecat rambut, berikut ini sejumlah cara yang bisa kamu terapkan untuk merawat rambut kamu agar warnanya tidak mudah luntur.

1. Gunakan Sampo Khusus

Mengutip laman Halodoc, cara pertama agar rambut yang diwarnai tetap awet dan tidak mudah luntur adalah dengan menggunakan sampo khusus rambut berwarna. Sebab sampo ini mengandung bahan yang memang khusus digunakan untuk menjaga warna rambut.

2. Gunakan Kondisiner

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai (via Blibli)

Selain memilih sampo khusus rambut berwarna, jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner tambahan setiap habis keramas. Kondisioner tidak hanya berfungsi untuk melembutkan, tapi juga bisa menjaga kesehatan rambut agar tidak mudah rusak dan warna rambut jadi lebih tahan lama.

3. Jangan Keramas dengan Air Panas

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai (via LOTTE Mart)

Perlu diketahui bahwa air panas yang langsung mengenai rambut bisa membuat warnanya cepat pudar. Sebaiknya, keramas dengan air bersuhu normal, dan jangan terlalu sering mencuci rambut berwarna dengan sampo.

4. Jangan Langsung Keramas Setelah Diwarnai

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai (via Pinhome)

Setelah mengecat rambut, sebaiknya jangan langsung keramas menggunakan sampo. Sebab pada saat proses pewarnaan, lapisan kutikula rambut akan terbuka, dan jika kamu langsung keramas, maka warna rambut akan luntur. Sebaiknya tunggu 2-3 hari terlebih dahulu hingga warna rambut benar-benar meresap ke kutikula.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai (via Sociolla)

Cara terakhir agar rambut berwarnamu tidak mudah luncut adalah dengan menghindarkannya dari paparan sinar matahari langsung. Seperti kulit, rambut juga bisa rusak jika terpapar sinar UV sekaligus melunturkan warna rambut.

Nah, sekarang sudah tahu bagaimana cara merawat rambut yang diwarnai agar awet dan nggak cepat luntur? Merawat rambut memang butuh proses dan ketelatenan, jadi jangan malas ya! Selamat mencoba.

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai (via MNEWS)