Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan dari Makan Pare, Apa Saja?

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan dari Makan Pare, Apa Saja?

Pare adalah sayuran hijau berbentuk panjang dengan kulit menonjol nonjol seperti bisul dan memiliki rasa pahit. Sayuran ini dipanen saat masih belum matang, sehingga warnanya tampak hijau hingga hijau-kuning. Mereka berubah warna menjadi oranye pucat ketika sudah matang, sayangnya pada saat matang mereka kehilangan banyak nilai gizi.

Sayuran ini bisa kamu olah dengan berbagai cara: mengukus, merebus, menumis, atau mengasinkannya. Selain itu, pare kaya manfaat untuk kesehatan.

Tumis pare (dapurkobe.co.id)

# Manfaat Pare untuk Kesehatan

Pare mungkin terasa pahit namun kaya akan serat dan berbagai mikronutrien yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Pare adalah sumber yang kaya vitamin C, yang membantu melawan banyak penyakit, dan penyembuhan luka serta sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan.

2. Vitamin A dan beta-karoten yang terkandung dalam pare bermanfaat untuk kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan. Mereka juga efektif untuk pengobatan lingkaran hitam.

3. Pare dapat mengontrol gula darah, termasuk hemoglobin A1c dan fruktosamin.

4. Pare memiliki kalori yang rendah dan tinggi serat sehingga bisa membantumu menurunkan berat badan.

5. Vitamin folat, seng, zat besi, dan kalium hadir dalam pare, penting selama pertumbuhan dan perkembangan saraf pada janin.

6. Pare mengandung banyak antioksidan kuat, termasuk katekin, epikatekin, asam klorogenat, dan asam galat. Antioksidan ini membantu melawan radikal. Mereka melindungi kita dari banyak penyakit yang disebabkan oleh kerusakan oksidatif, termasuk kanker, penuaan, penyakit jantung, dan kondisi kronis.

Tanaman pare (satuharapan.com)

7. Komponen vitamin C, zinc, dan protein dari pare meningkatkan pertumbuhan rambut dan menambah kilau pada rambut.

8. Kalium, magnesium, dan kalsium dalam pare menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah kita dan menjaga kadar kolesterol baik atau HDL. Kolesterol adalah salah satu penyebab utama banyak penyakit jantung, jadi pare meningkatkan kesehatan jantung.

9. Labu pahit memiliki sifat antioksidan dan antimikroba, yang membantu mengeluarkan racun dari darah dan hati kita serta menyembuhkan banyak kondisi hati.

10. Konsumsi pare secara teratur meningkatkan kesehatan usus kita dan mengobati banyak kondisi usus, termasuk sembelit dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

11. Sayuran pahit ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan pernafasan kita.

Pare matang berwarna oranye (nimadesriandani.wordpress.com)