5 Langkah Merebus Telur yang Benar Agar Lembut dan Mudah Dikupas

Mempelajari cara merebus telur yang benar merupakan langkah tepat untuk memudahkanmu menyiapkan sarapan dan bekal makan yang sehat.

Mempelajari cara merebus telur yang benar merupakan langkah tepat untuk memudahkanmu menyiapkan sarapan dan bekal makan yang sehat. Telur rebus juga sering menjadi pilihan yang cepat dan praktis untuk dijadikan camilan sehat atau tambahan dalam hidangan lainnya. Nah, agar tidak gagal dalam merebus telur yang matang sempurna, yuk simak tips merebus telur dan mudah dikupas berikut ini:

1. Memilih Telur yang Tepat

Sebelum memulai langkah-langkah merebus telur yang benar, kamu perlu memastikan telur yang akan direbus berkualitas baik dan segar. Telur yang segar cenderung lebih sulit dikupas karena membran di antara putih dan cangkang belum melepaskan diri sepenuhnya. Pilih telur dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama dan tidak retak.

2. Cukup Air untuk Merebus

Cara Merebus Telur yang Benar (via Suara)

Isi panci untuk merebus dengan air secukupnya sampai kira-kira menutupi permukaan telur yang akan direbus. Jangan memasukkan terlalu banyak telur dalam satu panci untuk memastikan pemanasan merata.

3. Panaskan Air Lebih Dulu

Cara Merebus Telur yang Benar (via Tribunnews)

Panaskan air kemudian didihkan terlebih dahulu, setelah itu baru masukkan telur ke dalamnya. Jika kamu memasukkan telur sebelum air mendidih, lapisan kulit dan petih telur akan susah dilepaskan saat kamu mengupas kulit telur nantinya. Saat memasukkan telur, kamu bisa mengecikan api lalu besarkan lagi setelah semua telur sudah berada di dalam air. Dan perlu diingat, jangan menggunakan api yang terlalu besar agar telur tidak retak selama proses perebusan.

4. Perhatikan Lama Merebus

Cara Merebus Telur yang Benar (via AtmaGo)

Jika kamu suka kuning telur setengah matang, biarkan telur direbus selama sekitar 5-6 menit. Untuk kuning telur yang matang sempurna, tambahkan waktu pemasakan menjadi 9-12 menit. Sebaiknya jangan rebus telur terlalu lama di atas 15 menit agar warna kuning telur tidak berubah menjadi kehijauan.

5. Menghentikan Proses Pematangan

Cara Merebus Telur yang Benar (via Grid)

Setelah matang, angkat telur menggunakan saringan lalu tempatkan telur dalam mangkuk berisi air dingin atau air es untuk menghentikan proses pemasakan lebih lanjut. Hal ini akan membantu mencegah telur terlalu matang hingga kuningnya berubah kehijauan. Selain itu, air es juga membantu tekstur telur agar lebih mengeras sehingga akan lebih mudah dikupas.

Merebus telur yang benar adalah kemampuan dasar yang bisa meningkatkan keahlian memasakmu di dapur. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kamu akan mendapatkan telur rebus yang sempurna dengan tekstur putih telur yang lembut dan kuning telur yang matang sesuai selera. Selamat mencoba!

 

Cara Merebus Telur yang Benar (via Okezone)