Waspada! 5 Makanan Sehari-Hari Ini Ternyata Bisa Bikin Obesitas, Kurangi Konsumsinya Sekarang Yuk!

5 Makanan sehari-hari yang memicu tubuh jadi obesitas, salah satunya makanan olahan.

Obesitas merupakan kondisi yang menggambarkan seseorang yang kegemukan, memiliki berat badan berlebih serta mengandung banyak lemak pada tubuhnya. Bukan sekadar masalah citra tubuh, obesitas juga berkaitan dengan kesehatan.

Di mana, obesitas bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi hingga kanker. Secara umum, obesitas terjadi karena kadar kalori yang masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Secara umum, makanan dengan kandungan gula tinggi, garam dan kalori berlebih di dalamnya bisa memicu obesitas. Namun sayangnya, kita sering tidak menyadari hal itu dan justru menjadikan berbagai makanan ini sebagai konsumsi sehari-hari. 

Dikutip dari Healthline, berikut ini beberapa jenis makanan sehari-hari yang ternyata meningkatkan obesitas. Buat kamu yang ingin memiliki berat badan ideal atau sedang menjalankan program diet, pastikan untuk menghindari sekian jenis makanan ini ya! 

1. Keripik Kentang

Meski tampak ringan dan tidak bernutrisi, rupanya keripik kentang jadi salah satu makanan yang bisa dengan cepat memicu obesitas. Hal ini karena makanan itu tinggi kalori dan mengandung garam berlebih. Maka dari itu, mulai sekarang hindari konsumsi ataupun sejenisnya. 

2. Makanan Olahan

Keripik Kentang (Kompas)

Makanan olahan seperti bakso, sosis hingga makanan cepat saji sejenisnya bisa membuat obesitas karena mengandung lemak, kalori, gula dan garam berlebih di dalamnya. Selain itu, makanan olahan ini juga bisa mengandung bahan kimia lain yang dapat mempercepat kenaikan berat badan.

3. Es Krim

Ilustrasi Makanan Olahan (Bandung Diary)

Salah satu makanan favorit semua orang ini tanpa disadari juga bisa dengan cepat membuat tubuh obesitas. Di balik kelezatan es krim tersimpan kalori yang begitu besar. Ini juga mengandung gula serta bahan lain yang memicu berat badan meningkat.

4. Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Es Krim (Nibble.id)

Tak hanya es krim, mulai sekarang kurangi konsumsi aneka makanan manis seperti kue, permen, brownies, martabak manis dan sejenisnya. Makanan ini juga bisa peningkat berat badan secara drastis dan bikin obesitas dalam waktu yang sangat singkat.

5. Buah Kalengan

Martabak Brownies (Topwisata)

Pada dasarnya, buah-buahan merupakan asupan nutrisi yang penting untuk tubuh. Buah merupakan makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Akan tetapi, ini hanya berlaku untuk buah segar dan bukan buah kalengan. 

Justru buah kalengan wajib dihindari buat kamu yang ingin memiliki berat badan ideal. Para ahli percaya jika buah kalengan ini bisa berbahaya dan memicu obesitas kalau dikonsumsi setiap hari apalagi secara berlebihan.

Ilustrasi Buah Kalengan (Okezone)