5 Kebiasaan Anak Muda yang Ternyata Bisa Berbahaya untuk Ginjal! Apa Saja?

5 Kebiasaan Anak Muda yang Ternyata Bisa Berbahaya untuk Ginjal! Apa Saja?

Ginjal punya fungsi penting untuk tubuh dalam menyaring racun. Itu sebabnya, organ ini perlu dijaga kesehatannya agar kita bisa bertahan hidup dan beraktivitas secara maksimal. 

Namun ternyata, ada beberapa jenis kebiasaan kita, khususnya anak muda, yang bisa menyebabkan ginjal menjadi rusak tanpa disadari, lho. 

Apa saja contohnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Sering Begadang

Begadang sangatlah buruk dampaknya bagi kesehatan, salah satunya bisa merusak ginjal. Sebab, kinerja ginjal itu dipengaruhi dengan kualitas dan siklus tidur yang membantu sinkronasi beban kerja ginjal selama seharian.

2. Mager

Jika kamu kebanyakan mager atau keseringan duduk dalam waktu lama, maka secara otomatis ginjal kita bakal semakin sedikit untuk bekerja. 

Maka itu, penting untuk mengurangi kebiasaan mager dan rutin berolahraga supaya kinerja ginjalmu bisa terus maksimal.

3. Kurang Minum Air Putih 

Ilustrasi orang begadang (via pexels)

Terlalu sedikit dalam mengkonsumsi air putih akan membuat seseorang mudah dehidrasi dan sembelit. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan ginjal kita akan mudah terganggu. 

4. Merokok 

Meski kebiasaan merokok berdampak langsung pada sistem pernafasan, namun ternyata kebiasaan ini juga bisa mengarah pada kerusakan ginjal. 

Maka itu pula banyak dokter yang menganggap bila seseorang yang menderita gangguan ginjal, kebanyakan mereka memang punya kebiasaan merokok.

5. Konsumsi Makanan Asin dan Makanan Olahan

Ilustrasi orang minum air putih (via pexels)

Makanan yang terlalu asin tentu memiliki kandungan garam yang tinggi. Walau sering bikin nagih, tapi ternyata mengkonsumsi makanan asin terlalu banyak juga berbahaya bagi kesehatan ginjal. 

Hal ini dikarenakan makanan asin mengandung tinggi natrium dan fosfor. Sedangkan penelitian menjelaskan bila asupan fosfor yang berlebih bisa membahayakan jantung dan ginjal.

Ilustrasi orang makan makanan ringan (via pexels)