Kenapa Pria Lebih Sering “Nembak Duluan” Dibanding Wanita? Begini Penjelasannya

Dalam hubungan cinta, pria “nembak duluan” dianggap lumrah, gentleman, dan penuh inisiatif dibandingkan saat wanita yang melakukannnya. Ada yang tahu alasannya?

Dalam hubungan cinta, pria “nembak duluan” bakal dianggap lumrah, gentleman, dan penuh inisiatif. Namun ketika perempuan mengungkapkan perasaan lebih dulu, walaupun tidak selalu terjadi, banyak orang justru menganggapnya “gampangan” bahkan “tidak tahu malu”. Apakah hal ini juga terjadi di lingkunganmu?

Belakangan ini, pemahaman masyarakat tentang “siapa yang nembak duluan” sebenarnya sudah cukup bergeser. Namun walaupun perempuan yang menyatakan cinta bukan lagi dianggap sebagai aib, faktanya pria memang memiliki inisiatif lebih dalam hubungan percintaan.

Dalam berbagai penelitian, sebagaimana dilansir dari Guardian, pria cenderung lebih cepat mengungkapkan perasaan dibandingkan dengan wanita. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena berbagai alasan, antara lain sebagai berikut:

1. Karakteristik Emosional

Pengaruh gender terhadap kondisi emosional ternyata jauh lebih besar dari dugaan. Menurut penelitian, pria sering kali dianggap memiliki lebih sedikit penghalang untuk mengungkapkan perasaan mereka secara verbal. Pria memiliki kemungkinan lebih rendah mengalami kecemasan dan keraguan dalam mengungkapkan perasaan.

Hal ini membuat mereka lebih mudah meluapkan perasaan cinta tanpa terlalu banyak merenungkan akibatnya. Selain itu, terutama dalam budaya patriarki, ekspresi emosi dan perasaan seringkali lebih diizinkan bagi pria daripada wanita.

2. Pemahaman Perasaan

Alasan Pria Nembak Duluan (via Deposit Photos)

Pria cenderung lebih sederhana dalam merasakan perasaan dan berbicara tentangnya. Beberapa ahli berpendapat bahwa pria lebih sederhana dalam memahami dan menyampaikan emosi. Mereka cenderung lebih langsung dan tulus dalam mengungkapkan perasaan, sedangkan wanita mungkin lebih kompleks dalam merasakannya.

3. Dorongan Biologis

Alasan Pria Nembak Duluan (via Merriam-Webster)

Secara biologis, pria sering dikaitkan dengan sifat-sifat maskulinitas yang lebih aktif dan agresif. Dorongan untuk mengambil inisiatif dalam hal-hal seperti mengungkapkan perasaan cinta juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa pria mungkin memiliki kecenderungan romantis yang lebih besar dan lebih cepat dalam merasakan perasaan cinta. Mereka mungkin merasa terhubung dengan pasangan lebih awal dan lebih mendalam.

4. Ekspektasi dan Norma Sosial

Alasan Pria Nembak Duluan (via Samayam Telugu)

Budaya dan norma sosial dapat memainkan peran penting dalam bagaimana pria dan wanita mengungkapkan perasaan cinta. Pria mungkin merasa bahwa mengungkapkan perasaan lebih cepat adalah bagian dari ekspektasi maskulinitas, sementara wanita mungkin merasa perlu menilai situasi dengan lebih hati-hati.

Di sisi lain, beberapa pria mungkin merasa tekanan untuk membuktikan ketertarikan dan komitmen mereka dengan cara yang lebih eksplisit. Ini bisa menjadi alasan mengapa mereka cenderung lebih cepat dalam mengucapkan cinta.

Stereotip tradisional tentang pria sebagai pemimpin dan pengambil inisiatif dalam hubungan juga berpengaruh. Pria mungkin merasa bahwa mengucapkan cinta adalah langkah yang diperlukan untuk memimpin dan membina hubungan.

5. Kesalahan Tafsir Sinyal

Alasan Pria Nembak Duluan (via Ahjummamshies)

Pria dan wanita mungkin memiliki persepsi yang berbeda tentang tanda-tanda cinta dan minat dari pasangan mereka. Pria mungkin merasa perlu mengungkapkan perasaan mereka lebih cepat sebagai cara untuk memastikan bahwa pasangan mereka merasa diinginkan dan dicintai. Sementara wanita umumnya lebih hati-hati dan tak mau buru-buru dalam mengambil tindakan.

Kesimpulan

Pria mengungkapkan cinta lebih dulu karena berbagai macam faktor, baik karena naluri maupun tekanan sosial. Namun meski ada perbedaan dalam waktu pengungkapan perasaan cinta, penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki kecepatan dan gaya berbeda dalam mengembangkan hubungan. Selebihnya, tidak ada aturan baku dalam mengungkapkan perasaan cinta.

Hal paling penting adalah bagaimana menjalin komunikasi yang baik, terbuka dan jujur dalam hubungan untuk memastikan bahwa perasaan dan harapan masing-masing pasangan dinyatakan dengan jelas dan dipahami.

 

 

Alasan Pria Nembak Duluan (via FOX 5 San Diego)