Nggak Cuma Mie Aceh, Ini 3 Makanan Khas Aceh yang Bikin Lidah Nggak Bisa Diam

Banyak orang mengenal Mie Aceh sebagai makanan khas dari Serambi Mekah, padahal ada banyak makanan khas Aceh yang juga lezat dan wajib dicoba.

Sebagian orang mungkin sudah sangat kenal dengan makanan Mie Aceh khas Serambi Mekah. Namun makanan khas Aceh nggak cuma itu lho. Ada berbagai makanan khas lainnya yang kalau disantap bikin lidah nggak bisa berhenti goyang.

Sama seperti makanan lainnya yang memiliki ciri khas, makanan khas Aceh juga memiliki ciri khasnya tersendiri, yakni selalu ada belimbing sayur yang dicampur dalam olahan ikan laut. Gunanya tidak hanya untuk mengurangi bau amis ikan, tapi juga menambah cita rasa segar dalam makanan.

Tidak hanya belimbing, makanan Aceh juga terkenal kaya akan campuran rempah. Jadi nggak heran kalau makanan khas Aceh selalu berhasil menggoyang lidah. Lantas, makanan khas Aceh apa saja yang wajib dicoba? Merangkum dari berbagai sumber berikut ini daftarnya.

1. Kuah Pliek

Rekomendasi makanan khas Aceh yang pertama adalah Kuah Pliek. Makanan ini dibuat dari pliek, yakni sisa perasan kelapa saat membuat minyak kelapa melalui proses fermentasi. Dalam satu mangkuk kuah pliek, kamu bisa menemukan berbagai macam sayuran yang telah dipotong kecil-kecil dan juga cabai hijau.

2. Asam Keueng

Makanan Khas Aceh (via Katadata)

Rekomendasi kedua ada Asam Keueng yang merupakan olahan ikan. Biasanya ikan yang digunakan untuk membuat Asam Keueng adalah ikan tongkol dan lele. Untuk rasa asamnya, biasanya orang Aceh menggunakan campuran buah belimbing wuluh yang sudah dikeringkan.

3. Masak Mirah

Makanan Khas Aceh (via IDN Times Sumut)

Selanjutnya ada makanan khas Aceh bernama Masak Mirah yang juga nggak kalah enak dibanding yang lain. Makanan ini biasanya banyak dijumpai di acara pernikahan atau syukuran. Dan menjelang bulan Ramadan, makanan ini akan sangat mudah ditemukan.

Makanan ini berbahan dasar daging sapi, kerbau, atau ayam kampung. Warna khas merahnya memang sangat cantik, karena menggunakan campuran bubuk cabai yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Aceh yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke sana. Selamat mencoba.

Makanan Khas Aceh (via Tribunnews)